Minggu, Oktober 25, 2009

Kepemimpinan Rezim Nazi

NATIONAL SOZIALISTISCHE

BAB I

Sekilas tentang The Fuerher Adolf Hitler

Adlof Hitler (lahir 20 April 1889 – meninggal 30 April 1945 pada umur 56 tahun) adalah Kanselir Jerman dari tahun 1933 dan Führer (Pemimpin) (Reich ketiga) Jerman sejak 1934 hingga ia meninggal. Pada 2 Agustus 1934, ia menjadi diktator Jerman setelah Presiden Von Hindenburg meninggal. Ia menyatukan jabatan kanselir dan presiden menjadi Führer sekaligus menjadikan Nazi sebagai partai tunggal di Jerman. Ia juga seorang Ketua Partai Nasionalis-Sosialis (National Socialist German Workers Party atau Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei/NSDAP) yang dikenal dengan Nazi. Nazi secara resmi dibubarkan setelah Jerman kalah dalam Perang Dunia II yang besar karena sistem kediktatoran Hitler. Hitler seorang orator yang berkharisma, Hitler merupakan salah satu pemimpin yang paling berpengaruh di dunia.

Masa Kecil.

Adolf Hitler dilahirkan di Gasthof zum Pommer, sebuah penginapan di Braunau am Inn, Austria, dekat Jerman pada 20 April 1889 sebagai anak keempat dari enam bersaudara. Ayah Adolf Hitler, Alois Hitler (1837–1903), merupakan seorang pegawai kantor bea cukai. Sedangkan ibunya, Klara Pölzl (1860–1907), adalah istri ketiga Alois. Keluarga Hitler berpindah pindah dari Braunau am Inn ke Passau, Lambach, Leonding, dan Linz. Hitler kecil merupakan pelajar yang baik pada waktu bersekolah pada sekolah menengah pertama (elementary school). Namun pada kelas enam, tahun pertamanya di sekolah menengah atas (high school), ia gagal dan harus mengulang kelas. Hitler kelak menyatakan bahwa kegagalan itu disebabkan pemberontakan atas ayahnya, yang menginginkan Adolf Hitler mengikutinya berkarir sebagai pegawai bea cukai. Adolf Hitler berkeinginan menjadi seorang pelukis dibandingkan mengikuti jejak ayahnya. Setelah Alois meninggal pada 3 Januari 1903, tidak ada perkembangan berarti dalam pendidikannya di sekolah. Pada usia 16, ia keluar dari sekolah tanpa gelar apapun.

Awal masa dewasa

Dari tahun 1905, Hitler menjalani kehidupan Bohemian di Wina dengan dukungan dari ibunya . Ia ditolak dua kali oleh Akademi Seni Wina (1907–1908). Pada 21 Desember 1907, ibu Hitler meninggal karena kanker payudara pada usia 47 tahun. Diperintahkan oleh pengadilan Linz, Hitler memberikan bagiannya atas pensiun ayahnya (sebagai anak yatim) kepada saudara perempuannya Paula. Ketika dia berumur 21, ia memperoleh warisan dari seorang bibinya. Hitler berjuang sebagai pelukis di Wina, menyalin gambar dari kartu pos dan menjual lukisannya pada turis. Setelah ditolak untuk kedua kalinya pada sekolah seni, Hitler kehabisan uang. Pada 1909, ia hidup di penampungan untuk tunawisma. Hitler menerima bagian terakhir dari kekayaan ayahnya pada bulan Mei 1913 dan pindah ke Munich. Kepindahan Hitler ke Munich juga membantunya menghindar dari wajib militer di Austria tetapi tentara Austria akhirnya berhasil menangkapnya. Setelah pemeriksaan fisik, Hitler dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk menjalani wajib militer dan diizinkan kembali ke Munich. Tetapi, ketika Jerman memasuki kancah Perang Dunia I pada Agustus 1914, Hitler mengajukan petisi kepada Raja Ludwig III Bavaria untuk mengizinkannya bertugas dalam resimen Bavaria. Petisi ini dikabulkan, dan Adolf Hitler tercatat dalam ketentaraan Bavaria.

Kiprah Hitler Dalam Dunia I

Hitler bertugas di Perancis dan Belgia dalam Resimen Cadangan Ke-16 Bavaria, mengakhiri perang sebagai Gefreiter (setara dengan prajurit kepala dalam ketentaraan Inggris dan Amerika pada waktu itu). Ia terlibat dalam sejumlah pertempuran besar di Front Barat, termasuk Pertempuran Ypres, Pertempuran Somme dan Pertempuran Passchendaele. Pertempuran Ypres (Oktober 1914), yang dikenal di Jerman sebagai Kindermord bei Ypern (Pembantaian atas Orang Tak Bersalah), mengorbankan sekitar 40.000 orang (antara sepertiga hingga setengah) dari sembilan infantri yang ada terbunuh dalam dua puluh hari, dan kompi Hitler sendiri berkurang dari 250 menjadi 42 orang pada Desember. Hitler dua kali memperoleh bintang jasa atas keberaniannya. Ia menerima bintang jasa Iron Cross, Kelas Kedua pada 1914 dan bintang jasa Iron Cross, Kelas Pertama pada 1918, sebuah kehormatan yang jarang diterima oleh seorang Gefreiter. Namun karena staf resimen berpikir Hitler kurang memiliki kecakapan memimpin, ia tidak pernah dipromosikan menjadi Unteroffizier (setara kopral Inggris). Sejarahwan yang lain mengatakan ia tidak dipromosikan karena ia tidak berkewarganegaraan Jerman. Pada 15 Oktober 1918, Hitler dikirim ke rumah sakit lapangan, karena mengalami kebutaan sementara akibat serangan gas mustard.

Lalu kemudian Hitler berkecimpung di dunia politik menjadi pengurus Partai Buruh Jerman Deutsche Arbeiterpartei/DAP) pada bulan Juli 1921.Hitler menggunakan kebolehan dalam berpidatonya menjadi ketua partai. Dan kemudian menukar nama DAP menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP) atau partai Nazi.

Munculnya paham anti-Semit

Nazisme muncul sebagai akibat dari Perang Dunia I. Pada 11 November 1918 secara mengejutkan bagi pasukan garis depan Jerman, perang tiba-tiba berakhir. Pasukan garis depan tidak merasa dikalahkan dan mereka heran mengapa gencatan senjata terjadi begitu cepat sehingga mereka harus segera meninggalkan posisinya padahal mereka masih berada di wilayah musuh.[5] Mitos yang berkembang di antara para prajurit Jerman yang menyerah ini adalah bahwa mereka telah "ditikam dari belakang." Bahwa pasukan garis depan dan 2 juta rakyat Jerman tewas selama perang telah dikhianati oleh kelompok Marxis dan Yahudi yang telah memunculkan perbedaan pendapat di negara mereka. Ketika pasukan selamat itu kembali ke Jerman baru yang demokratis, mereka membawa serta kekecewaan mereka. Seusai perang, negara-negara sekutu melanjutkan blokade terhadap Jerman. Pasukan yang kembali dan berbaris melewati München, ibukota Bayern, terkejut melihat keluarga mereka yang masih menderita. Jutaan rakyat Jerman kelaparan dan ribuan lainnya sekarat akibat penyakit TBC dan influenza.

Di Jerman, politik terbagi menjadi 2 kutub, Konservatif dan Sosialis[5]; masing-masing kelompok menjadi radikal di masa krisis. Situasi semakin bertambah buruk dengan munculnya gerakan Republik Soviet München, sebuah upaya untuk menciptakan pemerintahan bergaya Soviet yang dikobarkan oleh kelompok sayap kiri Raterepublik di Munich. Tentara pemerintah diturunkan untuk menumpas pemberontakan tersebut dan pecahlah pertempuran terbuka di jalan-jalan Munich. Lebih dari 500 orang terbunuh. Tentara didukung oleh Freikorps, prajurit bayaran sayap kanan yang dibiayai oleh pemerintah. Freikorps benar-benar menjalankan tugasnya, mereka membantai orang-orang yang mereka anggap sebagai anggota Raterepublik dan berhasil menumpas pemberontakan itu.

Pransangka anti-Semit di kelompok kanan semakin diperkuat oleh kenyataan bahwa pimpinan Raterepublik sebagian besar adalah orang Yahudi, sehingga muncul kesan bahwa Bolshevisme (komunis) dan Yudaisme pada adalah dasarnya sama. Wajar ketika sikap anti Yahudi kemudian berkembang luas

Freikorps dielu-elukan di München setelah penumpasan Raterepublik. Kelompok Yahudi adalah kambing hitam yang sempurna untuk disalahkan atas semua penyakit negara tersebut. Freikorps didukung pejabat-pejabat sayap kanan di militer seperti Kapten Ernst Roehm (yang nantinya akan menjadi komandan tertinggi SA, "Pasukan Badai"), seorang pria dengan filosofi sederhana:

Hitler dan Teori Darwin

Teori Darwin telah memasuki benak Hitler, bahkan meresap sampai ke tulang sumsum. Hal ini amat terasa dalam bukunya Mein Kampf (Perjuanganku). Ia menyamakan ras non-Eropa sebagai kera.

Dari dalam dirinya tumbuh ‘kekuatan’ yang mendapat inspirasi dari teori Darwin bahwa untuk mempertahankan hidup manusia harus bertarung. Ia menerjemahkan impiannya dengan menyerang Austria, Cekoslowakia, Perancis, Rusia, dll. Malah terbersit nafsu menguasai seluruh dunia. Ia mengadopsi konsep egenika yang menjadi dasar pijakan pandangan evolusionis Nazi. Egenika berarti ‘perbaikan’ ras manusia dengan membuang orang-orang berpenyakit dan cacat serta memperbanyak individu sehat. Sehingga menurut teori itu, ras manusia bisa diperbaiki dengan meniru cara bagaimana hewan berkualitas baik dihasilkan melalui perkawinan hewan yang sehat. Sedangkan hewan cacat dan berpenyakit dimusnahkan.

Tak lama setelah berkuasa, Hitler menerapkan teori itu dengan tangan besi. Orang-orang lemah mental, cacat, dan berpenyakit keturunan dikumpulkan dalam ‘pusat sterilisasi’ khusus. Karena dianggap parasit yang mengancam kemurnian rakyat Jerman dan menghambat kemajuan evolusi, maka atas perintah rahasianya, dalam waktu singkat mereka semua dibabat habis.

Masih dalam eforia teori evolusi dan egenika, Nazi menghimbau muda-mudi berambut pirang bermata biru yang diyakini mewakili ras murni Jerman supaya berhubungan seks tanpa harus menikah. Pada 1935, Hitler memerintahkan didirikannya ladang-ladang khusus reproduksi manusia. Di dalamnya tinggal para wanita muda yang memiliki ras Arya. Para perwira SS (Schutzstaffel) sering mampir ke sana buat mesum dengan dalih egenika. Para bayi yang lahir kemudian disiapkan menjadi prajurit masa depan ‘Imperium Jerman’.

Menurut Charles Darwin, karena ukuran tengkorak manusia membesar saat menaiki tangga evolusi, maka di seluruh Jerman dilakukan pengukuran buat membuktikan tengkorak bangsa Jerman lebih besar dari ras lain. Mereka yang tak sebesar ukuran resmi, begitupun yang gigi, mata, dan rambut di luar kriteria evolusionis langsung dihabisi.

Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei

Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP, Partai Pekerja Nasional-Sosialis Jerman) atau Partai Nazi adalah sebuah partai politik yang pernah dimiliki oleh Jerman yang didirikan pada 1920 dan berbasis di München. Sebelum itu bernama Deutsche Arbeiterpartei (Partai Buruh Jerman), nama partai itu diubah pada tanggal 24 Februari 1920. Lambang resmi NSDAP adalah Swastika.

NSDAP adalah kekuatan politik utama dalam Nazi Jerman sejak kejatuhan Republik Weimar pada tahun 1933 hingga akhir Perang Dunia II pada tahun 1945, ketika dideklarasikan ilegal dan para pemimpinnya ditangkap dan dikenai tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan melalui Pengadilan Nurenberg. Para penganut dan pelaksana Partai Nazi telah mengangkat sebuah ideologi politik baru, biasa dikenal sebagai "Naziisme".

Pemimpin partai ini, Adolf Hitler, dipilih menjadi Kanselir Jerman oleh presiden Paul von Hindenburg pada tahun 1933. Sejak saat itu, Hitler dengan cepat membangun rezim totalitarian di Jerman.

Kelahiran Nazi

Di awal tahun 1918, sebuah partai bernama Freier Ausschuss für Einen Deutschen Arbeiterfrieden (Komite Bebas untuk Kedamaian Buruh Jerman) didirikan di Bremen, Jerman. Anton Drexler, seorang tukang kunci dan penyair, mendirikan sebuah cabang dari perkumpulan ini pada 7 Maret 1918, di Munich. Drexler pernah menjadi anggota partai Fatherland semasa Perang Dunia I, dan merupakan salah satu penentang perjanjian damai antara Sekutu dengan Jerman yang mengakhiri Perang Dunia I tahun 1918. Ia memiliki pandangan seperti umumnya nasionalis militan saat itu: menentang Perjanjian Versailes, anti-semit dan anti-marxis, dan mempercayai superioritas ras Arya. Ia juga percaya bahwa kapitalisme Internasional merupakan bagian dari gerakan dominasi Yahudi di seluruh dunia dan menuduh kapitalis mengambil keuntungan (profit) dari Perang Dunia I. Drexer juga berpandangan bahwa kekacauaan dan ketidakstabilan politik adalah karena Republik Weimar tidak mau mempedulikan rakyat kecil.

Pada tahun 1919, Drexler, dengan Gottfried Feder, Dietrich Eckart dan Karl Harrer, mengubah nama partai tersebut menjadi Deutsche Arbeiterparte (Partai Pekerja Jerman) atau biasa disingkat DAP.

Tahun 1919, Rohm bergabung dengan partai tersebut. Di sana, dia bertemu dengan seorang veteran Perang Dunia I, berusia 30 tahun: Kopral Adolf Hitler yang sama seperti Rohm, membenci kelompok Komunis dan Yahudi. Hitler juga bergabung dengan partai pekerja Jerman pada tahun 1919. Di kartu anggotanya tertera dia anggota nomor 555 meskipun pada kenyataannnya dia anggota nomor 55; partai itu memberi nomor mulai dari 500 agar anggotanya terlihat banyak

Hitler tak berbeda dengan ribuan mantan prajurit lainnya di München, dia luntang-lantung tanpa pekerjaan tetap. Tapi kini dia telah menyadari bakat alaminya untuk berorasi dan menarik orang untuk bergabung dengan partainya, sehingga ia memiliki peran dominan di sana. Dia salurkan kebencian, kemarahan atas berakhirnya perang dengan pidato yang berapi-api. Hitler selalu berbicara tentang apa yang disebutnya sebagai ketidakadilan perjanjian damai Versailes yang ditandatangani pada akhir Perang Dunia I. Berdasarkan perjanjian itu, Jerman kehilangan banyak wilayah negaranya. dan dipaksa membayar ganti rugi pada negara-negara pemenang. Pada awal 1920, inflasi merajalela tak terkendali, keuangan benar-benar hancur sehingga rakyat Jerman berpikir bahwa demokrasi tak menghasilkan apapun.

Di Bayern, pada tahun 1921 Hitler dinobatkan menjadi pimpinan partai pekerja Jerman yang kecil itu. Namanya di ubah menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei ("Partai Pekerja Nasionalis Sosialis Jerman"), disingkat Nazi atau NSDAP. Saat itu hanyalah salah satu dari banyak partai sayap kanan di Munich dan mereka semua mengatakan yang sama: Versailes adalah kejahatan dan kelompok Yahudi ada di belakangnya.

Dinamisme Hitler yang dibarengi dengan nada tanpa kompromi dalam pidato-pidatonya mulai menarik warga Bayern terkemuka lainnya untuk berpaling pada partai baru Nazi. Pada tahun 1922, seorang penerbang ulung pemegang penghargaan "Pour le Merite" sekaligus komandan skuadron Richthodenber dalam Perang Dunia I, Hermann Göring, bergabung dengan Nazi. Nazi pun menyebarkan pengaruhnya ke wilayah pedesaan Bayern. Di sana, seorang mahasiswa pertanian yang awalnya ingin menjadi peternak ayam, Heinrich Himmler, bergabung dengan Nazi (di kemudian hari, ia ditunjuk sebagai komandan tertinggi SS).

Percobaan revolusi

Bulan Januari 1923 di Ruhr, pasukan Perancis datang untuk meminta pembayaran ganti rugi perang, mengasingkan dan menghina rakyat Jerman. Perancis memerintah mereka dengan tangan besi. Rakyat Jerman menganggap hal ini sebagai upaya balas dendam. Sentimen nasionalis pun mulai berkembang di Jerman. Sebagai hasilnya, jumlah anggota Partai Nazi bertambah drastis menjadi sekitar 20.000 orang.

Hitler dan Nazi memanfaatkan ketidakpuasan rakyat Jerman.

Di München pada tahun 1923, dalam suasana krisis yang disebabkan oleh pendudukan Ruhr, Hitler dan Nazinya mulai bertindak. Hitler berdiri di atas panggung Burgerbrau Keller pada tanggal 8 November dan menghentikan rapat politik sayap kanan, ia menyerukan dilaksanakannya sebuah revolusi nasional untuk menggulingkan pemerintah sayap kiri di Berlin. Keesokan harinya, 9 November 1923, Nazi, bersama dengan partai sayap kanan lainnya berparade di Munich untuk mengumpulkan dukungan. Mereka dihentikan oleh polisi di monumen perang Feldherrenhalle. Awalnya, Nazi berharap militer dan polisi mendukung parade tersebut dan bergabung bersama mereka, tapi yang terjadi sebaliknya, polisi tidak mendukung mereka; tembakan dilepaskan dan peserta parade dibubarkan. Untung bagi Hitler, ia berhasil lolos dari penembakan itu. 4 perwira polisi dan 16 anggota Nazi kehilangan nyawa mereka. Selain membunuh polisi, beberapa pengikut Nazi juga melakukan perampokan bank dalam aksinya.

Hitler kemudian diadili bersama pimpinan parade lainnya pada awal 1924 dengan tuduhan melakukan penyerangan terhadap polisi dan perampokan bank. Dalam pengadilan tersebut, Hitler dengan sikapnya yang menantang berkata:

“Kau bisa menyatakan kami bersalah ribuan kali, tapi dewi yang memimpin pengadilan abadi sejarah akan, dengan senyuman, mencabik-cabik dakwaan penuntut umum dan keputusan pengadilan ini. Dan sang dewi akan membebaskan kami.”

Hitler menjadi terkenal karena pernyataan sikapnya yang berani. Hakim Georg Neithardt, hakim pengadilan yang mendengar pernyataannya itu pun jadi bersimpati padanya dan bahkan mengirim pesan ke Pengadilan Banding untuk mengurangi masa kurungan Hitler. Sebagai hasilnya, Hitler hanya perlu menjalani hukuman 9 bulan penjara di Penjara Landsberg; setelah menyulut revolusi, pembunuhan 4 perwira polisi, dan perampokan bank. Tahun 1924, nama Hitler dan Nazi sempat terbenam.

BABII

MEMBANGUN KEMBALI KEJAYAAN MILITER

Adloft Hitler sejak mengambil alih kekuasaan di jerman pada awal 1933 , secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi , berusaha membangkitkan kembali kejayaan militer jerman yang dikebiri dan di pasung oleh perjanjian Versailles. Perjanjian 1919 yang di paksa sepihak oleh sekutu setelah perang dunia pertama berakhir, benar-benar melucuti jerman dari kekuatan militernya.

Jerman pasca perang dunia pertama juga di kenai kewajiban membayar ganti rugi kepada inggris dan perancis dalam jumlah besar sehingga menguras habis keuangannya. Akibatnya timbul kekacauan ekonomi dan berupa inflasi dan stagnasi, yang semua ini di manfaatkan oleh Hitler dan Partai Nazinya untuk menarik simpati rakyat dengan janji dan slogannya untuk membangkitkan kembali kejayaan jerman.

HEIL HITLER.

Naiknya Hitler ke posisi kanselir jerman , langsung berpengaruh besar. Ia mewujudkan impian dengan memulai langkah pembangkang terhadap traktat Versailles secara terbuka. Jiwa kemiliteran pemudanya di baker lewat pidato-pidatonya. Hitler juga menciptakan salam penghormatan yang terkenal sambil teriakan Heil Hitler.

Tatkala akhirnya meraih kekuasaan, Hitler pun konsekwen dan berani mengambil resiko, dengan sepihak membatalkan klausul pembayaran ganti rugi dan pembatasan persenjataan terhadap jerman. Kondisi politik dunia ketika itu juga memberi peluang bagi Hitler untuk melaksanakan niatnya menjayakan kembali jerman. Ketika itu, awal-awal tahun 1930an dunia melihat bangkitnya komunisme di Rusia, berkuasa fasisme di Italia, timbulnya perbedaan inggris dengan perancis dalam soal pendudukan wilayah Jerman, Mundurnya Amerika dari perjanjian Verailles, serta kondisi ekonomi Jerman yang porak poranda.Tahun 1935 ia pun langsung memberlakukan wajib militer kepada angkatan bersenjata jerman, Wehrmacht , tidak berdasarkan lagi kepada sukarela melainkan kewajiban. Hitler juga mengetahui bahwa keharusan militer tersebut tidak menimbulkan kontroversi, karena ia memahami kultur masyarakat Jerman yang mempunyai tradisi sebagai masyarakat disiplin, yang militeris. Kebanyakan rakyat Jerman melihat kewajiban masuk tentara bukanlah sesuatu yang mengganggu kebebasan sipil, melainkan suatu kehormatan besar. Mereka malah bangga dan dapat melaksanakan kewajiban terhadap negara dan bangsanya. Dalam kehidupan sosial, anggota militer pun memperoleh status yang tinggi di mata masyarakatnya.

Pembangunan kekuatan oleh Hitler juga di dasari ideologi superioritas ras arya, yang tidak hanya membenci kaum yahudi dan komunis yang di anggapnya telah “menusuk” Jerman dari belakang dalam perang dunia pertama, ia juga memandang rendah bangsa-bangsa lain, termasuk eropa timur yang wilayahnya diincar Lebensraum Nazi. Sedangkan terhadap perancis, Hitler memang mempunyai dendam terhadap sikap pernacis yang dianggap hegemonis dan melcehkan bangsa Jerman setelah berakhirnya perang. Hitler juga tidak suka dengan konsep perancis mengenai kesamaan derajat antara semua orang ( egalite, human equality), yang termasuk terhadap orang yahudi, negro,dan komunis. Konsep yang bertentangan yang dianut oleh Jerman Nazi mengenai perbedaan ras arya dan keunggulannya.

Hitler dan militer

Pabrik U-BOAT adalah salah sati mesin perang Hitler yang sangat mengerikan karan berisikan ribuan kapal selam kecil.

Sesuai dengan Perjanjian Versailles, Jerman hanya boleh memiliki angkatan bersenjata yang kecil. Setelah Machtergreifung pada tahun 1933, Jerman mulai mempersenjatai diri kembali. Perjanjian angkatan laut antara Britania Raya dan Jerman (bahasa Inggris Anglo-German Naval Agreement; bahasa Jerman Deutsch-britisches Flottenabkommen)pada tanggal 18 Juni 1935 mengizinkan pembangunan armada atas permukaan 35 % dari tonnase kapal atas permukaan Inggris, 45 % dari tonnase kapal selam Inggris, dan kapal perang tidak tidak melebihi 35.000 Ton. Kriegsmarine sampai dengan tahun 1947 sesuai dengan apa yang disebut sebagai "Rencana-Z" (Z-Plan) harus memiliki sejumlah besar kapal baru di antaranya kapal induk. kapal perang, kapal penjelajah, kapal selam dan kekuatan laut ringan lainnya.

Pada tahun 1935 digunakan bendera baru, bendera swastika dengan palang besi (bahasa Jerman Eisernes Kreuz) di kiri atas.

Kriegsmarine pertama kali diturunkan dalam peperangan pada Perang Saudara Spanyol. Bersama-sama dengan angkatan laut Britania Raya, Italia dan Perancis dalam blokade laut internasional dalam rangka embargo senjata terhadap Spanyol. Penempatan Kriegsmarine ini dilakukan untuk mendukung upaya kudeta kaum Nasionalis Spanyol pimpinan Francisco Franco. Pada 29 Mei 1937.

Di kalangan angkatan bersenjata, hanya pimpinan Luftwaffe atau angkatan udara Jerman, Yaitu Hermann Goering. Sedangkan banyak lainnya yang tetap prajurit professional dan tidak menjadi Nazi, seperti panglima perang AD jendral Werner freiherr von Fritsch serta kepala staf AD Ludwig Beck. Jendral seperti Fritsch dan beck cukup terbuka dalam menentang rencana Hitler memulai peperangan baru demi merebut wilayah orang lain. Namun Hitler cukup cerdik untuk mengatasi kemungkinan pembangkangan dari jendralnya, dengan mengharuskan setiap perwira mengangkat sumpah kesetiaan yang mengkiat bukan terhadap tanah air Jerman, namun juga terhadap pribadi sang pemimpin, fuehrer, Hitler sendiri. Sumpah kesetiaan ini merupakan manipulasi Hitler, karena ia tahu para perwira terikat dengan tradisi kaku dalam kode kehormatan terhadap para pemimpinnya, sebagai warisan berabad –abad melayani dan berbakti kepada raja yang sah.

Sehinggatidaklah mengherankan apabila pimpinan tentara regular jerman, werhrmach, di buat tak berdaya dalam dilema mereka. Mereka harus melaksankan perintah sang fuehrer Hitler , termasuk invasi kepada “raksasa Siberia” Rusia Uni Soviyet yang sebetulnya belum siap. Hal ini berbeda dengan pasukan bentukan Hitler sendiri yang memang fantastic berideologi Nazi, yaitu SS (schutztaffel) yang memang “pejah-gesang nderek” yang berarti Hitler atau mati-hidup sepenuhnya ikut Hitler.

Legion condor adalah salah satu pasukan militer udara milik Nazi yang di uji coba di spanyol untuk menguji mesin-mesin perang yang telah di produksi di pabriknya secara diam-diam. Hitler mengirim armada Lutwaffe untuk mendukung fransisco franco.

Bagaikan serigala berbulu domba, betapa tidak, misalnya beberapa bulan sesudah berkuasa, ia menegaskan keinginan jerman untuk hidup bersama secara damai dengan para tetangganya. “Perang hanya membawa penderitaan dan kemalangan bagi rakyat” katanya. “Nazi tidak pernah mengenal politik untuk mengubah perbatasan wilayah dengan merugikan orang lain” demikian Hitler terang-terangan berdusta.

Prioritas Nazi adalah mengembalikan kejayaan militernya. Baik legal maupun illegal dari sudut ketentuan Versailles. Upaya ini dimulai ketika 1 Oktober 1934 Hitler menginstruksikan peningkatan pasukan Jerman, dari 100.000 personil seperti yang di tetapkan Versailles, menjadi 300.000 personil.

Kerahasiaan pembanguna kembali angkatan bersenjata Jerman ini benar-benar di pegang teguh, karena Hitler khawatir jika di lakukan terlalu terbuka akan mendorong negara lain ikut lomba dalam bersenjata. Pembangunan kembali kekuatan ini di pimpin dan dipantau oleh Hitler sendiri. Juni 1934 ia memanggil Laksamana Erich raeder, mengingatkan agar pembuatan kapal selam benar-benar di jaga kerahasiannya, dan pembangunan dua kali penjelajah tempur yang masing-masing berbobot 26.000 ton agar dinyatakan berbobot 10.000 ton saja. Dan itu pun berupa kapal lama yang ditambahkan dan di tingkatkan fasilitasnya. Padahal dalam perjanjian Versailles adalah kapal yang berbobot 10.000 ton. Dalam kenyataannya kapal perang yang di maksudkan ini akan berbobot 31.100 ton, dan dikenal dengan nama Scharnhorst dan Gneisenau. Jaminan Hitler di buktikan dengan keputusan tahun 1935 untuk memulai membangun kapal tempur yang berbobot lebih dari 40.000 ton, yang merupakan pelanggaran langsung Versailles dan terhadap perjanjian laut Jerman – Inggris yang tintanya pun belum kering karma baru di tanda tangani tahun itu juga. Sesudah melanggar itu Jerman bahkan menyiapkan kapal tempur raksasa dengan berbobot lebih dari 56.000 ton, yang peletakan lunas pertamanya di lakukan untuk menginvasi polandia.

DIVISI WAFFEN- SS

Perlu di ketengahkan juga, Hitler mempunyai orang-orang khusus yang tergabung dalam barisan Waffen- SS . demikian spealisasi yang mereka miliki adalah divisi gunung dan ski.

*Divisi Gunung SS 6 Utara. Dikomandani oleh Ricard Hermann, Karl Demelhuber, Mathias Kleinheisterkamp, Lothar debes, Friedrich Wilhelm dan Karl- Heinrich Brenner. Divisi ini di bentuk tahun 1941 dan bertempur di bagian utara front timur.

*Divisi Gunung SS 7 Frinz Eugen. Dikomandani oleh Arthur Phelps, Carl von Oberkamp, Otto Kumm, dan August Schimidhuer. Beraksi pada Oktober tahun 1942 melawan para pendukung Tito di Serbia.

*Divisi Gunung SS 13 Handschar. Dikomandani oleh Von Obwurzer, Sauberzweig dan Desiderius Hampel. Awalnya divisi ini di bentuk pada tahun 1943 dengan beranggotakan dari para voluntir muslim bosnia. Banyak dari kelompok ini, sedikitnya 5 orang yang telah mendapatkan penghargaan dari sang kanselir berupa knight cross .di turun kan dalam pertempuran Perancis , Austria dan Uni Soviyet.

*Divisi Gunung SS 21 Skanderberg. Dikomandani oleh August Schmidhuber dan Graaf. Dibentuk tahun 1941. Disini berisikan voluntir muslim dari Albania. Di turunkan sama seperti Divisi Gunung SS 13 Handschar.

*Divisi Gunung SS 23 Kama. Dikomandani oleh Hellmut Reithel. Dibentuk pertengahan tahun 1944. Divisi ini pernah bertempur melawan tentara merah sebelum akhirnya di bubarkan dan di alihkan ke Divisi voluntir jerman.

*Divisi Gunung SS 24. Dikomandani oleh Berschneider, Werner Hahn dan Carl Marcks. Dibentuk pada pertengahan 1944 dengan anggota rekuitan dari hongaria. Divisi ini di persiapkan untuk pertempuran di gunung bebatuan Italia- Yugoslavia.

DETASMEN PARA RAKSASA WAFFEN- SS.

Jerman semasa Nazi berkuasa mempunyai perangkat perang komplit.memang tidak semuanya mencium aroma bumi. Sebagian telah lahir, tetapi sebagian lagi baru dalam bentuk ide atau setingkat dengan prototype. Namun hamper semuanya mematikan dan disbanding unggul di banding perangkat milik sekutu atau Rusia sekalipun. Salah satu yang patut diajukan adalah Tank (panzer) Tiger. Tank raksasa ini bahkan menjadi senjata andalan dan di pakai banyak pertempuran. Dalam menjalankan tugas, tank tersebut pernah menjadi rebutan antara Angkatan Darat Jerman ( Heer) dan pasukan Waffen- SS.

Tiger memang di unggulkan oleh pasukan Jerman. Sehingga produksinya di genjot sedemikian rupa . Tiger I, sejak awal produksi agustus 1942, sudah dibuat sebanyak 1.355 unit hingga pertengahan 1944. karena sesuatunya serba besar, dalam satu bulan hanya bias memperoduksi 25 unit saja. Hanya saja pada tahun 1944, total produksi melonjak menjadi 104 unit dan juli 1944 di produksi meningkat lagi menjadi 671 unit. Hingga pada agustus 1944 dihentikan dan di gantikan dengan Tiger II yang di kembangkan sejak awal 1943.

Sama dengan saudara tuanya Tiger II (King Tiger/ Konig) rencana juga akan di produksi hingga 1.500 unit. Tapi hanya 485 tank yang berbobot lebih dari 70 ton saja yang terbuat. Melihat kemapuanya , tentu bias di bayangkan bagaimana tank segede gajah ini dalam pasukan Jerman saat itu. Dan memang militer jerman, terutama AD(heer) dan pasukan SS berlomba-lomba menggunakanya.

Pada mulanya tiger dirancang dan di buat hanya sebagai arsenal pertahanan, maklumlah, dengan badan sebesar itu dengan panjang meriam 6,333m minus meriam, lebar 3,7m , tinggi 3m dan berat mencapai 57 ton lebih dan cumin kemampuan gerak 38km/jam ia seperti raksasa yang malas berjalan. Walaupun demikian tank ini mampu mng- KO tak lawan berjarak 1,6 Km.

Kejelian Hitler melihat kemampuan tersebut yang arsenalnya mempunyai moncong meriam 88mm. layaknya “BUTO IJO” , hantaman dan tendangannya mampu menghancurkan lawan-lawannya hingga berkeping- keeping. Sebuah tank bisa terkoyak dan terjungkal hanya dengan tembakan dari Tiger tersebut. Ada pun jenis lain dari panzer adalah sebagai berikut:

The Flakpanzer IV Kugelblitz ("ball lightning") merupakan Senjata Anti Pesawat bermesin seperti layaknya tank (self-propelled anti-aircraft gun) punya Jerman. Sampai dengan berakhirnya perang masih tetap berupa prototype, dan belum sempat dibuat massal. Tidak seperti anti pesawat bergerak sebelumnya, kugelblitz memeliki turret berputar yang tertutup seutuhnya.

Dibangun dengan basis Panzer IV, dengan data2 spesifikasi sebagai berikut :

Produksi 1945

Jumlah peoduksi 2-6

Spesifikasi :

Berat 23 ton

Panjang 5.92 m

Lebar 2.95 m

Tinggi 2.40 m

Jumlah kru 5 (komandan, dua orang gunner, operator radio, supir)

Lapis baja 80 mm maximum

Utama

persenjataan 30 mm Zwillingsflak 103/38

Tambahan

persenjataan 7.92 mm MG34

Mesin Maybach HL 120 TRM 12 cylinder water cooled 11.9 l. gasoline kapasitas bahan bakar 470 liter

Operasional

jarak tempuh 200 km

kecepatan 38 km/h

Heereswaffenamt Jerman mulai mengembangkan Marder se¬bagai senjata anti-tank otomatis (self-propelled] diakhir tahun 1941. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mobilitas meriam anti-tank (PaK) dengan menaruhnya di beragam rangka tank atau panser. Kebutuhan ini dianggap mendesak terutama setelah munculnya kendaraan tempur Uni Soviet yang baru, seperti tank kelas menengah T-34/76 maupun tank kelas berat seperti seri KV 1 dan KV2. Solusi berupa penciptaan Marder ini merupakan 'solusi antara' hingga dibuatnya

Tak ada yang tahu jelas, berapa unit yang telah di buat. Beberapa pihak mengatakan bahwa unit-unit yang telah diproduksi berakhir pada Battle of Berlin. Satu unit utuh yang selamat dipajang di Lehrsammlung der Heeresflugabwehrschule (collection of the German army anti-aircraft school). yang sudah tidak utuh juga ada di sana (tanpa turret).

Lapis baja serbu (assault gun) Sturmgeschutz III merupakan ken-daraan lapis baja Jerman yang paling banyak di produksi selama Perang Dunia II. Sturmgeschutz III atau disingkat StuG III dibuat dengan rangka Panzer III. Awalnya StuG III dirancang sebagai lapis baja ringan untuk dukungan infantri, tetapi StuG III selanjutnya dimodifikasi dan digu-nakan sebagai senjata penghancur tank.

Ide awal pembuatan StuG III berasal dari proposal Oberst Erich von Mannstein yang diajukan kepada Jenderal Beck tahun 1935. Mannstein menginginkan sebuah model Artileri Serbu (Sturmartillerie) yangdapat digunakan sebagai unit pendukung bergerak terhadap divisi infantri.

Setahun kemudian Daimler Benz AG menerima perintah untuk membuat kendaraan infantri lapis baja yang dapat membawa meriam 75 mm. Me¬riam tersebut harus mempunyai batasan putaran sebesar 25 derajat dan dapat dipasang dalam kerangka tertutup untuk melindungi para awaknya. Tinggi kendaraan juga tidak lebih dari tinggi orang biasa.

Daimler BenzAG menggunakan rangka dan gigi kecepatan yang biasa digunakan oleh panzer menengah PzKpfw III. Setelah serangkaian uji coba maka StuG III diproduksi sebagai senjata pendukung anti-in-fantri musuh dengan dilengkapi meriam 75 mm yang berpeluru bahan peledak tinggi.

Produksi pertama menggunakan rangka PzKpfw III Ausf F pada tahun 1940 dengan ketebalan baja bervariasi antara 30 mm hingga 50 mm. Berat total kendaraan ini adalah 19,6 ton dengan 4 awak. StuG III menggunakan mesin Maybach HL120 TR12 silinder dengan 300 tenaga kuda. Kecepatan yang bisa didapat adalah 40 km/jam dengan daya jelajah maksimal di jalan raya.

Dari detasmen raksasa yang mengerikan aksi kilat (blitzkrieg) dari 7th panzer division/ Ghost division. Selama perang dunia ke 2 , 7th panzer division merupakan salah satu unit paling armored yang menonjol. Divisi ini menjadi terkenal saat BATTLE OF FRANCE pada tahun 1940, di bawah komando Erwin Rommel. Bahkan gelar ghost division di dapat dari pertempuran ini.

Awal dari ghost division ialah merupakan 7th panzer division yang dulu adalah 2nd leicthe division membentuk XV Mot. Korps, dibawah 10. Amree, Heeresgruppe Sud(army group south) yang di komando General Leutnant Stumme. Awalnya 7th Division menginvansi Polandia pada 1 September 1939.

Serangan Polandia dimulai dari Horneck di Silezia di arah Kielce dan Radom. Kota terakhir sudah di capai pada 9 September 1939, tanpa perlawanan terlalu berat. Dari sini serangan berlanjut ke wilayah Burza wilayah barat Warsawa dan lebih jauh kea rah modlin. Dilanjutkan dengan dengan pengepungan kea rah selatan Warsawa. Disini perang berakhir pada 27 September 1939. tanggal 10 Mei1940 pasukan 7th Panzer Division melakuakn invansi ke perancis yang di komado oleh Romel dimulai. 7th Panzer Division kembali menjadi bagian XV Mot. Korps. Kali ini bersama 5th Panzer Division , di bawah 4 Amree, Heeresgruppe A. divisi ini merupakan bagian kekuatan penyerangan, yang seharusnya menembus Ardennes. Melampaui Meuse di belakang kekuatan utama sekutu ke Terusan inggris untuk memotong kekuatan utama. Divisi berangkat di pagi buta tanggal 10 mei 1940, menyebrang perbatasan jerman –belgia dan menyebrang menembus Ardennes, mencapai Meuse 12 Mei 1940. dibutuhkan dua hari bagi divisi untuk membuat jalan pintas melewati Meuse di sekeliling Dinant.

Segera Rommel mempersiapakan barisan tempur, serah Terusan inggris. Barisan ini di atus secara Brilian. Hanya 1 kemunduran yang harus dihadapi . yakni perlawanan Inggris 21 Mei di Arras.

Untuk memecahkan koridor yang di bentuk oleh Panzer, dua resimen tank Inggris merangsek ke barisan 7th Panzer Division. Tank inggris menyerang dengan berlindung di balik tank bajanya. Akibat serangan, Divisi mengalami kehilangan serius.

Tidak biasanya Rommel beraksi dengan panic. Namun ia tetap mampu menahan pergerakkan musuh. Dengan berkonsentrasi pada seluruh altileri yang ada, Rommel bertahan. Anti- aircraft gun caliber 88mm termasuk kekuatan yang ia andalakan. Dan untuk pertama kalinya Anti-aircraft digunakan untuk pertempuran darat. Tidak sia sia, Rommel berhasil hancurkan tank inggris. Rommel pun keluar dari pertempuran dengen meraih repitasi sebagai “Tank Leader” dengen gayanya tersendiri.

Terbentuknya Waffen- SS

Awalnya Waffen-SS tidak terlepas dari terbentuknya Stosstruppe Adolf Hitler (SAH) pada maret 1923 sebagai pelindung pribadi Hitler sebagai perlindungan dinas selama urusan partai. Anggota SAH awalnya hanya berjumlah 12 orang. Seluruhnya mantan serdadu Stosstruppe (pasukan elit penyerang perang dunia pertama) dengan Julius schreck sebagai penggagas sekaligus pimpinannya. Selain itu SAH dibentuk karena kekhawatiran Hitler terhadap berkembang pesatnya

WAFFEN- SS

Waffen-SS adalah unit bersenjata dari barisan pengawal Hitler yang ditakuti, SS atau Schutzstaffel. Pada mulanya, Para anggotanya terdiri atas para pemuda pilihan yang memiliki fisik kuat dan telah teruji kemurnian ras Arya mereka.

Unit ini terbentuk dari tiga bagian SS, yaitu :

  • Leibstandarte (pasukan pengawal pribadi Hitler);
  • SSVT (SS-Verfuegungstruppe, atau pasukan khusus SS);
  • dan SSVT (SS-Totenkopfverbaende, unit penjaga kamp konsentrasi SS).

Ketiganya, beserta sebuah unit kepolisian yang dimiliterisasikan, digabungkan di bawah bendera Waffen-SS pada bulan Desember 1940.

Selama Perang Dunia II, kekuatan Waffen-SS membengkak menjadi kira-kira 40 divisi. Akan tetapi tidak semuanya beranggotakan orang Jerman. Ketika jumlah korban semakin meningkat, Waffen-SS menerima para sukarelawan asing untuk bertempur di bawah panjinya. Dimulai dari orang-orang Eropa Barat yang dianggap berkerabat dengan orang Jerman (Skandinavia, Belgia, Perancis, dan Belanda), barisan bersenjata SS ini kemudian dibanjiri oleh para sukarelawan Ukraina, Rusia, Kosak, Baltik, kaum Muslim Bosnia, Balkan Soviet serta India).

Di medan perang, Waffen-SS, terutama divisi-divisi panzernya, sangat disegani oleh lawan maupun kawan. Akan tetapi kebanyakan unit lainnya, terutama yang berasal dari sukarelawan Balkan dan Uni Soviet kebanyakan tidak terpercaya.

Untuk bergabung ke Waffen- SS. Ada beberapa persyaratan di bawah ini yang harus di penuhi:

1) Rasial, awalnya hanya Warganegara Jerman yang diperkenankan atau Sukarelawan keturunan jerman yang hidup di negara tetangga atau daerah penduduk seperti Polandia, Ceko,Belanda dan lainnya. Seiring berlarutnya perang, pengembangan dan kebutuhan tenaga baru maupun pengganti, masalah Rasial di kesampingkan. Rumpun Germanic diterima sebagai personel seperti seorang Skandinavia, Finlandia ,Swiss , Belanda ,Belgia bahkan Inggris. Kemudian makin terbuka dan rasial bukan masalah lagi karena sukarelawan Perancis, Italia , maupun Rumpun Slav diterima. Seperti Balkan, Estonia, Latvia, Ukraina, Amernia, Hongaria dan Rusia juga India dan Turki.

2) Usia antara 17 dan 22 tahun.

3) belum menikah atau bertunangan

4) kondisi fisik prima

5) Tes lari 100m dalam hitungan waktu minimal dan harus bisa berenang

6) Tinggi minimal 178cm , SS-LAH minimal 180cm

7) Memiliki catatan pernah berkunjung ke dokter gigi atau gigi lengkap tidak ada yang copot. Ini cerminan sang rekuit rajin merawat diri.

8) Baik perwira, bintara dan tamtama berasal dari desa atau pegunungan, bukan orang miskin di kota, agar didapat tingkat Survival lebih tinggi dan yang pasti, orang desa lebih terbiasa hidup di daerah sulit seperti medan tempur.

9) Tidak berkacamata

10) Tes IQ dan pemahaman ideology

11) Bukan homoseksual dan tidak memiliki catatan criminal.

12) Untuk perwira penugasan selama 25 tahun , NCO(bintara) 12 tahun dan tamtama 4 tahun. Dari bintara ke perwira minimal telah bertugas 2 tahun dan bila dari Heer ingin bergabung, minimal telah bertugas 2 tahun pada jenjang yang sama.

Live ammo – berlatih dengan peluru sungguhan adalah materi yang sangat di tentang Whermacht, walaupun akhirnya mereka mengakui ketika diadakan demo.

SEKILAS TENTANG STOSSTRUPPE

Di bentuk pertama kali pada pertengahan 1916 untuk memecah kebuntuan perang parit, ST (Stosstruppe) adalah battalion pembuka jalan untuk pasukan induk (divisi infanteri). Perusak konsetrasi musuh dan pemutus supply di garis belakang. Pasukan ini memiliki doktrin yang kuat untuk trench warfare dan close combat di era senapan mesin berat dan ringan sudah menjadi keharusan. Trench warfare terjadi karena belum ada strategi dan inovasi untuk meredam senapan mesin dan Altillery barrage.

Di kategorikan sebagai Light infantry dan elit dengan unsur speed and surprise. dakatakan pada mobile warfare pada perang dunia pertama walaupun bukan kavaleri dan belum di dukung halftrack atau SS Panzer kala itu. Doktrin tempur ST adalah light, speed and surprise. ST dilatih dan di bentuk untuk memiliki kemampuan berimprovisasi di medan tempur. Seperti senjata dari gigi si serdadu, lima sampai enam granat potato masher yang di ikat dalam satu tangkai, sekop yang satu sisinya diasah, krakeling dan lainnya. ST pula dilatih mempergunakan senjata produksi lawan , mahir dan merwatnya. Pola latihan dan doktrin tempur ST di pakai sebagai dasar Waffen- SS di tambah teori maupun praktik tempur lainnya. Pelatihan dan doktrin inilah yang diinginkan hausser, Steiner dan Montigny. Yaitu nantinya untuk artillery support, air support atau yang berat lainnya seperti urusan wehrmacht, sedangkan Waffen- SS sebagai real infantry pembuka jalan. Doktrin Waffen- SS sendiri kemudian menjadi: light , speed and aggression.

SUKARELAWAN ASING WAFFEN- SS

Waffen-SS sampai akhir perang menghasilkan kesatuan yang berbeda kualitas dan formatnya. Hal ini terjadi karena faktor:

Pertama, rekrutmen berdasar standard dan kriteria awal yaitu Jerman, baik berasal dari Jerman maupun keturunan Jerman yang berada di negara lain dan daerah pendudukan. Kesatuan yang terbentuk dengan kriteria awal biasa disebut classic division terbentuk di paruh perang dunia ke dua. Seperti Leibstandarte. Das reich, Totenkopf, Hohenstaufen, Frundsberg, Hitlerjugend dan lainnya. Classic division ini yang menghasilkan formidable fighting machine, consitenly high combat reputation, fire- fighters, standard of courage, self-sacrifice and discipline juga memompa semangat kawan-kawan Heer di lapangan.

Kedua, sukarelawan asing dari rumpun Germanic dan Non- Germanic yang terbentuk sebagai divisi tersendiri dari kesatuan yang sudah ada (format battalion, resimen dan brigade). Kriteria awal masih terpakai dn menghasilkan pula divisi- divisi yang tangguh dan di segani lawan sperti Wiking, Nord, Prinz Eugen, Nordland, Horst Wessel, Langemark, Wallonien, Charlemagne atau kesatuan yang telah terbentuk dan di rencanakan di bentuk sebelum bomb plot terhadap Hitler pada 20 juli 1944.

Ketiga, pasukan pengganti di bentuknya battalion- battalion kelas dua setelah paruh kedua di perang dunia kedua. Khususnya setelah bomb plot, kecewanya Hitler kepada Wehrmacht membuat ia semakin bersandar di Waffen-SS. Hitler menginstruksikan untuk secepatnya membuat unit berasal dari sukarelawan asing, personel Luftwaffe dan pelaut kriegsmarine yang sudah tidak memiliki pesawat dan kapal perang. Mayoritas yang terbentuk hanya namanya saja Division, tettapi format sesungguhnya sebesar regiment bahkan battalion dengan persenjataan ill- equipped.

Dari 38 kesatuan dengan format divisi yang terbentuk (dua di bubarkan karena pemberontakan), mayoritas atau 60% adalah sukarelawan asing. Bahkan terbentuk juga kesatuan- kesatuan dari rumpun Slav dan sukarelawan Soviyet yang di kumpulkan Hitler di Parade Nuremberg pada 1936.Termasuk musuh utama third reich.

Kenyataannya tidak semua penduduk soviyet senang dengan kehadiran Rusia atau setuju bergabung dengan Uni Soviyet yang berideologi komunis. Terlebih lagi Ukraina dan bekas- bekas negara Baltik seperti Latvia, Estonia, Lithuaina dan Belarusia. Pada saat Jerman melakukan operasi Barbossa, penduduk Ukraina dan bekas negara Baltik melakukan pesta jalanan menyambut kedatangan pasukan Jerman yang mereka anggap kekuatan pembebas.

Setelah itu berduyun- duyun warga soviyet bahkan penduduknya yang bukan berasal dari daerah penduduk Jerman seperti Armenia, Georgia, Azerbaijan, Cheznya, Tartar, Turkmenistan menyebrang untuk mendaftar jadi sukarelawan Wehrmacht dan Waffen-SS. Tercatat antusiasnisme dari 100.000 pemuda Ukraina mendaftar saat pembukaan pendaftaran. Dan yang di terima 30.000 sukarelawan untuk membentuk Divisi Ukraina yang Pertama.

Pemuda- pemuda tersebut antusias bergabung dengan Waffen-SS atau kesatuan Jerman karena factor permusuhan abadi antara etnis tersebut dengan etnis Serbia. Untuk membedakan kesatuan asli Jerman dan sukarelawan asing Waffen-SS, Para petinggi SS memberikan nama depan pada kesatuan Waffen-SS sebagai berikut:

· SS sebagai awalan berarti maoritas berisikan orang Jerman dan Rumpun Germanic

· SS-Freiwilligen sebagai awalan adalah kesatuan berisikan Germanic dan non-Germanic.

· Waffen sebagai awalan kesatuan berisikan hanya non-Germanic

Legiun asing- sukarelawan dari muslim bosnia yang tergabung dalam Handschar Division. Untuk mebedakan dari tentara Waffen-SS yang asli, petinggi SS memberi insial khusus pada kesatuan mereka.legiun ini sangat ditakuti dengan jumlah mereka yang sangat besar hamper mencapai 60 persen dari 38 kesatuan.

MUSLIM DAN NAZI.

Setelah jatuh sarajevo di 16 april, 1941 ke Nazi jerman, ekstremis croat-nationalist dan fasis sebelum pavelic (telah berada di pembuangan di mussolini' italia) ditetapkan poglavnik atau pemimpin baru ustaše keadaan - nezavisna država hrvatska (ndh, keadaan bebas croatia. propinsi orang yugoslavia croatia, bosnia-herzegovina dan bagian-bagian dari serbia menyusun kembali sebagai pro-Nazi perwujudan satelit bawah hubungan Nazi dan pekerjaan italia. ustaše hampir segera meluncurkan kampanye jahat kekerasan mengarahkan tak bersenjata serb warga sipil.

di juli 6, 1941 pavelic'' budaya dan menteri pendidikan, mil budak, mengumumkan bahwa ustaše dianggap bosnian muslim bagian integral ndh: " croatian keadaan kristen. ini juga keadaan muslim dimana orang kami agama islam. " pavelic memerintah milik di zagreb mengkonversi ke masjid dia sederhana bernama setelah sendiri di usaha itu dia aman kebaktian Bosnian muslim: poglavnik masjid.

bosnian pendeta muslim mengeluarkan tiga formulir (fata-wa, semua di depan umum mengumumkan croat-nazi collaborationist mengukur, hukum dan kekerasan melawan orang yahudi dan serb: itu dari sarajevo di oktober 1941, dari mostar di 1941, dan dari banyja luka di 12 November, 1941

meskipun pavelic'' jaminan persamaan, ini waktu itu tidak panjang sebelum banyak bosniak menjadi tidak memuaskan dengan croatian kekuasaan. pemimpin islam melaporkan itu tidak satu muslim menempati pos berpengaruh di (lokal) tata usaha. galak berkelahi terjadi tiba-tiba diantara ustase dan pengikut setia. sejumlah ustase satuan percaya bahwa bosniak simpatisan komunis dan membakar kampung mereka dan membunuh warga sipil. Korban kekerasan cenderung melihat bosniak sebagai kolaborator.

kejatuhan 1942 melihat SS reichsfuhrer heinrich himmler dan SS-general gottlob berger mendekati hitler dengan lamaran menaikkan bosnian muslim SS divisi. keduanya wehrmacht dan SS mengenai tentang dengan cepat memburuk situasi keamanan di ndh mengikat kebawah pribadi militer itu jerman yang dapat menjadi lebih baik mempekerjakan di tempat lain. dengan tahun baru dari 1943 melalui 100,000 bosnian muslim telah membunuh (9% dari semua bosniak di waktu) dan 250,000 telah mengusir dari rumah mereka - kebanyakan dengan serb chetnik. " muslim" berkata satu umum Jerman, " lahirkan khusus keadaan dari menganiaya oleh lain" .

Himmler mengkhayal ada itu fanatik, kepatuhan buta di bosniak. dia berpikir pria muslim itu akan membuat sempurna SS prajurit sebagai islam" berjanjilah mereka surga jika mereka berkelahi dan dibunuh dalam perang. " Himmler juga mengilhami oleh mencatat successe dari hapsburg bosnian resimen pasukan jalan kaki di perang dunia pertama.

George lepre menulis: " Himmler mencoba mengembalikan apa dia memanggil ' tradisi austria' lama dengan hidup kembali bosnian resimen bekas austro-hungarian bala tentara dalam wujud bosnian muslim SS divisi. sekali mengangkat, divisi ini memesan dan basmi tito' kekuatan pengikut setia mengoperasikan di north-eastern bosnia, jadi memugar lokal 'pesanan'. untuk memastikan, Himmler' utama mengenai di daerah tidak keamanan lokal populasi muslim, tetapi kesejahteraan etnis penghuni tetap jerman kepada utara di srem. 'srem breadbasket dari croatia, dan dengan penuh harapan ini dan perkampungan jerman tercinta kami akan melindungi. saya harap bahwa selatan daerah dari srem akan membebaskan oleh. . . bosnian divisi. . . sehingga kami dapat sedikitnya mengembalikan sebagian pesanan di menggelikan ini.

hitler secara formal menyetujui proyek di 10 februari, 1943 dan SS-obergruppenführer arthur phlep, etnis rumania komandan Jerman, dicas dengan meningkatkan divisi.

Di musim semi 1943, berpakaian preman dari jerusalem, Mohammad Amin Al-Husayni, (aka amin al-husseini, diundang oleh Nazi membantu di mengorganisir dan merekrut bosnia ke waffen SS dan satuan lain di yugoslavia. dia dengan sukses meyakinkan bosniak pergi melawan formulir sarajevo, mostar, dan banja luka pendeta, siapa di 1941 melarang bosnian muslim dari bekerja sama dengan ustaše. croatian menteri asing dr. mladen lorkovic bahwa disarankan divisi bernama" SS ustasa divisi" , tidak SS divisi tetapi croatian satuan mengangkat dengan SS bantuan, dan nama berhubungan dengan resimen nya itu memberi nama regional seperti" bosna" , " krajina" , " una" dan lain-lain.

Ensiklopedi negeri kemusnahan besar-besaran itu" membuat poin mempublikasikan fakta bahwa husseini telah terbang dari berlin ke sarajevo untuk tujuan jerman tapak kaki memberikan restu dia kepada bala tentara muslim dan memeriksa senjata nya dan latihan latihan" . menurut aleksa djila di bangsa itu waktu itu tidak itu al-husayni: " menerima, mengunjungi bosnia, dan meyakinkan pemimpin muslim penting itu muslim SS divisi akan demi kepentingan islam. kendati ini dan lain propaganda usaha, hanya setengah menyangka 20,000 ke 25,000 muslim volunteered. " sebelum pavelic, croatian pemimpin, menolak kepada perekrutan semata-mata divisi muslim dan diprihatinkan tentang muslim minta untuk kemerdekaan, wilayah muslim mempertimbangkan untuk menjadi bagian dari keadaan bebas croatia. sebagai penyelesaian perselisihan divisi disebut" croatian" dan termasuk sedikitnya 10% katolik croat.

Dalam kesatuan Waffen-SS, Legiun yang paling di segani lawan maupun kawan adalah pasukan Waffen-SS muslim Bosnia. Jumlah mereka sangat besar mencapai 60 persen dari 38 kesatuan mereka tergabung dari Divisi- divisi khusus seperti:

* Divisi Gunung SS 13 Handschar. Dikomandani oleh Von Obwurzer, Sauberzweig dan Desiderius Hampel. Awalnya divisi ini di bentuk pada tahun 1943 dengan beranggotakan dari para voluntir muslim bosnia. Banyak dari kelompok ini, sedikitnya 5 orang yang telah mendapatkan penghargaan dari sang kanselir berupa knight cross .di turun kan dalam pertempuran Perancis , Austria dan Uni Soviyet.

* Divisi Gunung SS 21 Skanderberg. Dikomandani oleh August Schmidhuber dan Graaf. Dibentuk tahun 1941. Disini berisikan voluntir muslim dari Albania. Di turunkan sama seperti Divisi Gunung SS 13 Handschar.

Sisanya bergabung dalam Classic division, seperti Leibstandarte. Das reich, Totenkopf, Hohenstaufen, Frundsberg, Hitlerjugend dan lainnya.

ZEHN GEBOTE.

Selain keahlian khusus, tercipta pula sejumlah Zen gebote (10 perintah) untuk masing- masing unit. Seperti semboyan ini: Zehn gebote die scharfs tze Waffen-SS (10 perintah penembak Runduk Waffen-SS)

1. Bertempur dengan fanatik

2. Ketenangan dan tembakan yang terarah tidak terdeteksi, konsentrasi pada target

3. Penembak runduk lawan adalah lawanmu yang paling utama, perdayai mereka

4. Selalu menembak satu kali dari posisimu, jika tidak kamu akan terdeteksi

5. Alat untuk menggali membantu hidupmu

6. Latih terus pertimbangan jangkauan

7. Ahli dalam kamuflase dan penguasaan medan

8. Secara konsisten latih terus keahlianmu dalam menembak

9. Jangan pernah melepas senjatamu

10. Bertahan hidup adalah 10 kali kamuflase dan 1 kali menembak

Selain 10 perintah, ada satu motto yang sangat di junjung tinggi para personel Waffen-SS yaitu: Meine Heibt Treure (loyalty is My Honour).

Banyak angapan bahwa Waffen-SS selalu menerima senjata paling muktahir. Ada benarnya beberapa kesatuan, namun tidak sepenuhnya. Perlu diingat bahwa indrusti militer Jerman baru berkembang kembali di pertengahan 1935. sifat inrustinya yang Job order, minim hasil tambang terlebih minyak bumi dan biji besi membuat hasil produksi tidak memadai untuk kebutuhan militer. Bandingkan dengan Inggris(dengan koloninya), Amerika dan Rusia (Uni soviyet). Mayoritas Divisi Jerman yang terbentuk adalah infanteri, benar- benar pejalan kaki atau naik sepeda, rantai perbekalan dan mobilitas infanteri saja mayoritas di tari kuda.

Sebagai contoh akibat indrusti yang Job order dan minimnya hasil alam, produksi seluruh Panzer Jerman (Panzer I, II dan III termasuk Tank destroyer Jagdpanther, Hetzer) dari 1935 sampai April 1945, total produksinya kisaran 32.000. bandingkan dengan Uni Soviyet yang kaya hasil tambang dan minyak bumi. Produksi untuk satu jenis T-34(type 76A-F dan 85) saja yang mulai pada tahun 1940 sampai selesai PDII mei 1945, sebanyak 46.000 unit. belum termasuk punya Amerika yang untuk jenis M4 Sherman yang di produksi selama perang, 55.000 unit.

Tidaklah heran bila Wehrmacht dan Waffen-SS selama perang sangat berhati-hati menyalurkan segala pelaratan perangnya kepada unit tempur. Prioritas senjata akan di berikan kepada kesatuan yang dianggap elit dan andalan, baik Heer maupun Waffen-SS.

Kategori elit dan kesatuan andalan, diterima setelah melalui rentang waktu dan pembuktian di medan tempur. Seperti yang di lakukan saat operasi Polandia (Fall weise). Saat pasukan SS yang telah terbentuk di pandang sebelah mata oleh Heer dan sengaja di sebar di bawah kesatuan Heer dan tidak diberikan tembakan perlindungan artileri.

Setelah suksesnya operasi milter di Perancis (fall gelb) juni 1940 dan Waffen-SS memberikan bukti, Hitler baru setuju membentuk divisi baru Waffen-SS. Desember 1940 terbentuk sebuah divisi kelima yaitu Wiking. Ini adalah kesatuan pertama yang langsung berbentuk divisi dan berisikan sukarelawan asing (Freiwilligen) dari berbagai negara dengan perwira-perwira Jerman di awalnya.

Pembuktian selanjutnya Waffen-SS terjadi pada operasi Starfe di Yugoslavia awal 1941. lantas operasi marita di Yunani awal Mei 1941. Ketangguhan dan keandalan divisi Waffen-SS makin terlihat saat operasi Barbossa. Lawn yang di lawan Jerman jauh lebih kuat dengan perbandingan bisa mencapai 1:10 falam perbandingan jumlah Tank tempur. Jerman yang menyerang hanya mengkerahkan 3.350 panzer, sedangkan Rusia memiliki 23.000 tank di perbatasan yang berhadapan dengan kekuatan Jerman.

FRONT TIMUR-Februari sampai Maret 1945, Jerman masih menggelar dua kali serangan besar di front timur. Dan keduanya bertumpu pada Waffen-SS. Pertempuran di Front Timur termasuk jarang di ketahui oleh publik.

FRONT BARAT- yang dimulai 16 Desember 1944 yaitu Wacht Am Rhein atau deikenal juga Battle of The bugle. Operasi ini selalu yang tergambar sebagai serangan NAZI yang paling dahsyat. Padahal Jerman hanya menyerang dengan kekuatan 400.000 serdadu dan 800 panzer. Bandingkan dengan kekuatan operasi Fall Weiss September 1939. kekuatan menyerang terdiri dari 1,5 juta serdadu dan 2.800 panzer. Sedangkan sekutu di sector Ardennes menempatkan 700.000 serdadu dengan sekitar 6.000 tank.

PASUKAN KOMANDO RAHASIA BRANDENBURG.

Jika kita sekarang mengenal apa yang disebut dengan pasukan khusus atau pasukan komando, hal ini tidak terlepas dari apa yang dulu kita kenal sebagai resimen rahasia Brandenburg Jerman. Pasukan inilah yang dianggap cikal bakal pasukan khusus komando zaman sekarang. Satuan Brandenburg merupakan hasil gagasan cemerlang Laksamana Walter Wilhelm Canaris, pemimpin dinas rahasia militer Jerman atau Abwehr.

Sebelum perang pecah, Laksamana yang sebetulnya Anti- NAZI ini telah meraskan perlunya pembentukan pasukan komando rahasia, yang mampu melakukan penetrasi sampai sejauh di belakang jauh garis musuh. Tugasnya terutama melakukan sabotase dan membukakan pintu untuk kelancaran serangan pasuka induk jerman.

Brandenburgers adalah salah satu pasukan elit Jerman pada waktu Perang Dunia ke 2, akan tetapi mereka tidak mendapatkan publisitas sebesar Fallschrimjäger atau SS.

Brandenburgers dibentuk oleh Theodore Von Hippel seorang Veteran perang dunia ke I di front Afrika di bawah pimpinan Paul von Lettow-Vorbeck seorang pemimpin gerilya yang sangat hebat (kehebatannya mungkin lebih daripada pemimpin gerilyawan lain seperti Tito atau Nguyen Giap, tetapi tidak terlalu terkenal karena front Afrika pada perang dunia I memang kurang diekspos). Ide membentuk pasukan spesial ini disampaikan kepada Wehrmacht tapi ditolak dengan tegas oleh Jendral-jendral yang kebanyakan orang militer yang sangat tradisionalis, akan tetapi Theodore tidak mudah menyerah, dia menyerahkan proposal tersebut kepada Abwehr (Intelejen Jerman) dibawah Admiral Wilhelm Canaris dan dia menyetujui pembentukan divisi khusus ini.

Battalion Ebbinghaus dibentuk Tahun 1939 oleh Hippel yang terdiri dari Tentara jerman yang bisa berbicara bahasa Polandia, saat invasi ke Polandia mereka ditugaskan memasuki daerah Polandia dahulu dan menyebabkan kerusakan dan kekacauan dengan menguasai dan menghancurkan rel kereta api dan jalan utama. Meskipun sukses Batallion ini dibubarkan

Battalion yang baru dibentuk dengan nama Lehr und Bau Kompanie z.b.V 800 (Perlatihan dan konstruksi no 800) untuk mencari/rekrutmen untuk divisi ini Hippel tidak mencari orang-orang yang Ras Arya tapi orang -orang slavic, Polandia dan etnik lainnya karena mereka harus bergerak dibelakang garis musuh dan bergerak di antara musuh mereka. Syarat lain adalah menguasai setidaknya satu bahasa dengan baik, sehingga banyak orang-orang yang direkrut ini dapat berbicara dua hingga tiga bahasa lain. Mempelajari adat-istiadat daerah musuh juga penting supaya tidak dicurigai. Battalion ini diberi nama Battalion Brandenburg sesuai dengan tempat latihan mereka

Battalion ini kembali bersinar pada saat invasi ke negara Belanda, Belgia dan Luxemburg, Salah satu aksi yang terkenal adalah menguasai jembatan Meuse di Gennep Belanda, dengan menyamar sebagai polisi Belanda mereka dapat menguasai Pos dan jembatan itu akan tetapi mereka pun terdesak oleh tembakan tentara belanda. Leutnant Wilhelm Walther pun dengan baju polisi berdiri dan berjalan menyeberang jembatan, karena abaju polisi itu tentara belanda pun ragu-ragu untuk menembak dan dapat dikalahkan anggota tim yang lain Jembatan pun dapat dikuasai.

Anggota Brandenburger mempunyai keahlian yang banyak dan bervariasi, selain bahasa asing juga parasut, demolisi, taktik perang unit kecil, sabotase pilot, komunikasi, pemalsuan uang, ada beberapa juga yang terdiri dari pemain ski handal, mereka dilatih khusus untuk berperang di utara Rusia yang sangat dingin.

Yang unik dari Brandenburger adalah jika mereka menyamar jadi tentara musuh mereka selalu memakai baju seragam jerman di dalamnya jadi jika akan mulai berperang, mereka ganti baju dulu mereka tidak akan mulai menembaki lawannya jika baju seragam mereka belum terlihat..jadi mereka menyatakan diri sebagai tentara bukan mata-mata (peraturan perang menegaskan jika tentara tertangkap maka harus di hormati sebagai tawanan perang, tapi jika mata-mata ditangkap dia bisa langsung dihukum mati), meskipun itu mereka selalu membawa pill sianida untuk bunuh diri.

Tetapi mereka paling bersinar di Ostfront. Mereka dapat menghancurkan jalur komunikasi musuh dan menguasai jalur supply. Agustus 1942 sebuah unit Brandenburger yang terdiri dari 62 orang dari Baltik dan Jerman Selatan dipimpin oleh Adrian von Foelkersam menyamar sebagai tentara NKVD rusia menguasai ladang perminyakan Maikop, dalam perjalanan ke sana mereka bertemu tentara rusia yang ingin melakukan desersi. Freikop pun menangkap mereka dan membawa mereka ke Maikop melalui daerah soviet dengan mudah..memasuki daerah Maikop Foelkersam dengan seragam mayor NKVD membawa pasukan desersi ke Komandan Soviet, komandan soviet pun memberi selamat dan memberi "tur" kota dan tata letak dan posisi pertahanan soviet (tentunya disimak dengan seksama oleh Foelkersam). Setelah tentara jerman mendekat, pasukan penyamar pimpinan Foelkersam dengan menggunakan granat lalu merusak sistem komunikasi Maikop, dan memberitahukan Komandan Soviet bahwa "kita diserang artileri dan ada perintah untuk mundur!" Karena tidak ada sarana komunikasi untuk memastikan sedangkan satu satunya sumber informasi yang ada hanya datang dari Foelkersam, maka oleh karena itu pasukan Soviet pun mundur, Maikop pun dikuasai Jerman tanpa perlawanan sedikitpun dari tentara soviet.

Divisi Brandenburg juga aktif di Yugoslavia untuk tugas anti partisan dan penyerangan ke Kos dan Leros di perbatsan Turki untuk melawan Tentara Inggris dan Italia di sana bersama Fallschirmjäger.

Selama ini Brandenburger ada di bawah komando Abwehr dan tidak disukai Himmler dan SS-nya, sehingga setelah Canaris di hukum mati karena tertuduh terlibat Valkyrie bersama Stauffenberg cs maka Brandenburger di pindah ke SS dan dijadikan motorized infantri biasa lalu dikirim Ost Front, akan tetapi banyak juga yang minta ditransfer ke special forces nya SS Jagverbande. Divisi ini akhirnya terkalahkan setelah bertarung melawan soviet di Pillau, Rusia, banyak juga yang menyerah kepada inggris di Schleswig-Holstein tapi banyak juga yang saking lihainya menyamar menghilang begitu saja.

Setelah perang dunia ke 2 banyak orang-orang ex Brandenburger pindah ke legiun asing perancis atau jadi penasihat militer negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Großdeutchland PASUKAN ELIT.

Großdeutschland (Greater divisi jerman) élite bala tentara jerman (heer diberantas satuan yang melihat aksi selama perang dunia ii. ini divisi yang pertama bala tentara jerman.

Großdeutschland kadang-kadang dengan sembarangan merasa sebagai hal yang bagian dari waffen-s, tetapi ini sebenarnya heer satuan. ini, bersama-sama dengan panzer divisi oven pendingin, best-equipped satuan di angkatan bersenjata jerman (wehrmacht, menerima perlengkapan terutama sekali satuan lain (termasuk waffen-SS satuan).

Akar divisi dapat mengusut ke 1921, dan pembentukan satuan kewaspadaan awal di berlin itu akan menjadi resimen pasukan jalan kaki großdeutschland. resimen melihat aksi di perancis di 1940, dan dilampirkan ke panzer grup 2 di gelombang pembukaan barbarossa, semua tetapi musnah di berkelahi di luar moscow di terlambat 1941. di hari lalu februari 1942, batalyon senapan gd (semua itu meninggalkan resimen asli) dibubarkan dan dua batalyon dibentuk baru gd resimen ke luar dari bala bantuan tiba dari neuruppin. resimen memindahkan ke orel setelah periode di depan garis, dan di 1 apr 1942, sebagai akibat dari kebutuhan akan pembentukan bermotor baru untuk serangan musim panas 1942, pemberitahuan dibuat berhubungan dengan resimen pamer rjetschiza.

OPERASI TERSEMBUNYI CIA- NAZI.

Di mana ada peperangan, di situ biasanya ada agenda tersembunyi yang telah diatur " pemain belakang layar ". Sementara prajurit bertempur mati-matian, mereka putar otak menangguk uang di tengah kesusahan orang. mencuri tambang berharga, menyelundupkan peralatan perang, mencari posisi kunci dari pemerintahan baru, atau bisa saja diam-diam memutar uang industri kemiliteran lawan.

Saya akan menjelaskan bagaimana pengusaha AS dan Jerman memutar uang membangun bisnis patungan sementara jutaaan prajurit kedua negara meregang nyawa di medan pertempuran. kali ini diketengahkan seputar sepak terjang agen-agen khusus CIA dan SS yang di lapangan ternyata berkonspirasi mengamankan bisnis miliaran dolar para pengusaha papan atas kedua negara. beberapa tahun lalu rahasia ini terbongkar sehingga kontan banyak pihak dikecewakan.

Agenda tersembunyi itu terbongkar bertahap, diawali dengan mencuatnya bukti-bukti keterlibatan tak langsung inggris-AS dalam tragedi Holocaust. di permukaan baik London maupun Washington, begitu menentang tekanan dan pembataian yang dilakukan Nazi terhadap puluhan ribu kaum minoritas.Namun, di belakang, mereka ternyata tak pernah benar-benar berupaya membebaskan mereka, meski upaya pelarian sudah di depan mata. diduga, keengganan membebaskan itu karena mereka inilah pekerja paksa kunci penggerak industri patungan AS-Jerman.

Di Auschwitz, misalnya, pabrik bom, kimia dan persenjataan utama jerman milik IG Farben - yang disokong penuh raja Minyak AS, Rockefeller - selama PD II meraup untung besar karena digerakkan oleh ribuan Yahudi yang tak perlu diupah. Selain Rockefeller yang masuk dengan bendera Standard Oil, di lingkup industri vital lainnya ditanam pula uang milik general motors, IBM, Ford, The chase and national City bank, ITT dan masih banyak lagi lainnya, jumlah awal uang yang diputar mencapai delapan miliar dollar.

tak heran jika lalu muncul sindiran sinis, bahwa para prajurit AS yang bertempur mati-matian di Jerman benar-benar menyedihkan. "Mereka tak tahu bahwa pesawat yang mengebomi mereka sebenarnya dibuat dari uang orang-orang senegara"

Baik Standard Oil maupun IG Farben sendiri sama sama kartel di bidang industri strategis. IG Farben memonopoli industri kima, film dan farmasi di Jerman. Sementara Standard oil di AS merupakan penguasa ladang minyak. berkat dukungan Rockefeller, IG Farben ,menyuplai 85% kebutuhan amunisi Jerman Selama PD II.

Rockefeller dan pengusaha AS lainnya itu diam-diam sudah menanam saham dan membangun usaha patungan di jerman sejak 1926. jerman sendiri bagi rockefeller ibarat "rumah kedua", karena kakek moyangnya, yakni Johann Rockefeller, adalah imigran asal Jerman.

Ditengarai, CIA dan Waffen SS disewa khusus melakukan penjagaan mengingat industri patungan tsb kian menggurita dan melibatkan banyak orang berpengaruh. diantaranya adalah Averell Harriman ( raja kereta AS ), Fritz Thyssen (industrialis, penyokong utama keuangan Nazi), serta bankir AS - George Herbert Walker dan Prescott Bush. uniknya lagi, di dalam kompleks industri militer ini masuk pula kepentingan Joseph Stalin, pimpinan Rusia yang juga musuh besar Nazi Jerman. kompleks industri ini agaknya sengaja dilokalisir di polandia agar terhindar dari campur tangan Hitler dan para kroninya.

UU Trading with enemy Act yang diterbitkan badan leglislatif AS seolah tak bergigi menghadapi praktik gelap Rockefeller. Boleh jadi itu karena Standard Oil memberi imbalan karet sintetis yang amat diperlukan kendaraan perang AS. kebanyakan petinggi AS juga segan berurusan dengan keluarga Rockefeller karena ia menguasai banyak ladang minyak di seantero AS.

Sangat tak mungkin jika pemerintah AS tak mengetahui atau memberi izin berkaitan dengan ekspor barang-barang tsb. sebaliknya, mudah dipahami jika kemudian pemboman yang dilakukan AS tak pernah menjamah Auschwitz. paling dekat bom jatuh 14 mil dari komplek pabrik dan kamp konsentrasi yang ada di sana. penempatan kompleks vital ini di luar wilayah jerman ditengarai juga dimungkinkan atas saran dari pejabat CIA. dan, merupakan suatu fakta yang konyol ketika baru saja perang usai, CIA langsung berkantor pusat di gedung pencakar langit milik Farben di Frankfurt.

Deretan fakta tsb kontan menguatkan tuduhan bahwa holocaust tak lebih dari persekongkolan jahat. orang-orang yahudi itu pun berkilah. memasuki 1930-an mereka seperti diberi angin dalam membangun pabrik bir,bank, pabrik dan pertokoan. namun setelah itu mereka dipaksa mendukung proyek aryanisasi dengan menyerahkan aset-aset mereka untuk ongkos memulai perang.

Mereka lalu dijadikan sapi perahan. sekitar sepuluh juta orang dieksploitir di pabrik-pabrik sebagai budak dan buruh kerja paksa. mereka yang sudah tak sanggup lagi bekerja akan dikirim ke kamp-kamp eksperimen sebagai final solution. enam juta orang yahudi dan warga minoritas lain dilaporkan mati dalam proyek penyiksaan yang dipimpin Reinhard Heydrich.

Persekongkolan Pasca Perang.

Ketika perang baru saja pecah, tak sedikit warga yahudi sudah mengetahui prahara apa yang akan menimpa. mereka kemudian berupaya menyewa kapal laut dan melarikan diri ke palestina. upaya pelarian ini ironisnya dihalangi oleh tentara inggris dan AS.

William R. Perl, mantan aktivis yang kemudian direkrut menjadi perwira intelijen AD AS, ingat betul bagaimana kapal perang Inggris, HMS Lorna menembaki kapal penumpang tiger hill hingga terbakar dan tenggelam begitu mendekati tanah palestina. lima belas ribu imigran yahudi yang terperangkap di dalam nya menjadi tumbal pelarian sementara kapal-kapal lain terpaksa kembali ke Jerman. Tembakan juga dilancarkan oleh intelijen Inggris Mi-6 ke arah kapal "The Struma"

Untuk apa mereka mengusir balik para pengungsi itu jika tak ada maksud tertentu? pertanyaan ini sama sinisnya dengan pernyataan yang kemudian mengemuka. yakni, bahwa korban pertama tentara inggris semasa PD II sebenarnya bukanlah orang Jerman, melainkan justru para imigran Yahudi tak bersenjata.

Persekongkolan CIA dengan pasukan rahasia Jerman memang sulit dipercaya masih dijalin hingga perang usai. sudah bukan rahasia lagi bahwa begitu Jerman menyerah, Pemerintah AS dan Rusia segera mengirim tim khusus untuk memburu ilmuwan Jerman yang terkenal pintar berikut senjata dan temuan yang telah mereka buat. masing-masing berusaha membawa pulang sebanyak-banyaknya, dan masing-masing tentu saja melibatkan satuan intelijen dan pasukan elit.

Intelijen Nazi sendiri lebih berpihak ke AS ketimbang Rusia. hal ini ditandai dengan kasak-kusuk(kaskus hahaha) jendral Reinhard Gehlen, pimpinan intelijen Nazi. alih-alih agar reputasi kejahatannya selama di SS lolos dari pengadilan Nuremberg, ia buru-buru mengontak Direktur CIA Allen Dulles dan mengajukan tawaran. Ia siap menyerahkan ratusan cendekiawan kunci Jerman asalkan CIA mau menghapus track record intelijen Nazi dan mau menerimanya sebagai bagian dari CIA. jika tawaran ini ditolak ia sudah siap berafiliasi dengan KGB dan menyerahkan seluruh aset berharga itu ke tangan Rusia.

Menghadapi tawaran tsb, Dulles tak berkutik. Ia pun "menyerah" dan mau menutup seluruh kisah kejahatan intelijen Nazi,bahkan kalau perlu CIA akan menulis ulang sejarah masa lalu Unit ini. dan Dulles menjamin seluruh rahasia unit ini aman ditangan nya dan unit Gehlen bisa langsung menginduk dibawah naungan CIA. sikap terbuka ini kontan "dibayar" dengan 760 cendekiawan jaman Nazi yang langsung dikirim bertahap ke AS hingga 1955 memperkuat komunitas ilmuwan di negri ini

Presiden Harry S Truman sadar betul paket cendekiawan ini dapat menjadi sasaran celaan kaum oposan karena melapangkan hak keimigrasian bagi tokoh Nazi amat dilarang UU. untuk itu ia memberanikan diri hak khusus kepada CIA untuk mengeksekusi proyek ini dalam operasi khusus berkode paperclip. dalam operasi ini, mereka masuk AS melalui gerbang khusus yang diawasi agen objek intelijen gabungan - departemen peperangan.

Diantara yang lolos seleksi ada nama nama seperti Arthur Rudolf dan Wernhen Von Braun. Rudolf adalah direktur operasi pabrik mittlewerk dikompleks kamp konsentrasi Dora- Nordhausen. ia dianggap bertanggung jawab trhdp penyiksaan 20rb pekerja paksa. catatan awal menunjukan bahwa Rudolf 100% Nazi berbahaya dan mengancam namun, catatan terbaru CIA menyatakn : tak ada satu pun dalam jejak kehidupannya tersangkut kriminal/ kegiatan Nazi

Di AS Rudolf dan Braun, mengembangkan roket saturn 5 yang berhasil mengantar modul apolo ke bulan.

Selain mereka juga ada Kurt Blome, pembuat vaksin, Walter Schreiber, Dr Psikopat di kamp konsentrasi, Klauss Barbie, SS penjagal ribuan warga prancis, Heinrich Rupp, Agen SS yang kemudian menjadi tokoh belakang layar kasus Iran-kontra, Licio Gelli, agen rahasia itali pendukung fanatik Nazi atas persetujuan AS jadi penyuplai rudal Exocet ke Argentina.

Di antara sekian banyak tokoh Gelli dinilai sebagai tokoh paling berharga bagi CIA karena punya pengaruh luas selain punya hub. dekat dengan George H Bush, Paus Paulus VI dan Juan Peron (Argentina) ia juga menjalin kedekatan dengan pemimpin libya Muanmar Khadafy dan menjadi agen ganda CIA/KGB. Gelli juga ikut mendirikan Brigade Merah di Italia.

Operasi paperclip akhirnya dihentikan pada 1957 menyusul protes keras yang dilancarkan pemerintah jerman barat. pemerintah jerman barat jengah terhadap eksploitasi yang dikerahkan CIA terhadap orang orang Jerman. terlebih karena sebagai pendiri kantor intelijen Bundes/ narichtensdient (BND), Gehlen menjadi sulit memihak kepada negaranya namun diluar proyek ini, orang orang ini toh tak pernah 100% melepas kebiasaan buruknya. mereka masih suka bermain di belakang layar dan tetap saja masih suka menyiksa orang.

PERTEMPURAN KURSK, PERTEMPURAN TANK TERBESAR DALAM SEJARAH.

Dalam pandangan Soviet, pertempuran Kursk merupakan titik balik yang menentukan dalam perangnya melawan Jerman Nazi. Karena sejak pertempuran satu minggu di bulan Juli 1943 itu, inisiatif peperangan telah beralih seterusnya ke tangan Rusia. Pertempuran tank yang merupakan perang kavaleri modern terbesar dalam sejarah itu karena begitu banyak melibatkan tank dari kedua belah pihak juga mencatat mulai dipakainya tank baru Jerman jenis Panther dan Tiger. Mereka harus menghadapi ribuan tank T-34 dan KV-1Soviet yang terkenal tangguh.

Medan perang di Kursk itu sendiri merupakan hasil ofensif musim dingin 1942-43 oleh Jerman, yang menyisakan wilayah tonjolan yang berpusat di kota Kursk, pusat persilangan kereta api penting, sekitar 800 km selatan Moskow. Kawasan yang menjorok ke wilayah yang dikuasai Jerman itu lebarnya 190 km dan dalamnya 120 km, memotong wilayah Army Group South pimpinan Marsekal Erich von Mansteindengan Army Group Center yang dipimpin Marsekal Gunther von Kluge.

Setelah hancurnya Tentara Keenam Jerman di Stalingrad Januari 1943, Soviet mulai melakukan ofensif balik meski masih terbatas. Sebaliknya Jerman juga mencari peluang untuk mealnacarkan ofensifnya kembali, sekaligus menghentikan ofensif Soviet. Jerman melihat Kursk sebagai sasaran yang tepat. Ofensifnya diberi nama Operasi Zitadelle(perbentengan kota. “Ofensif ini sangat menentukan artinya. Kemenangan atas Kursk akan menjadi sinyal bagi dunia!” demikian Adolf Hitler dalam perintah operasinya, April 1943. Hitler ingin membuktikan bahwa kavaleri Jerman dengan tank-tank barunya tetap perkasa seperti semula. Bahkan is merehabilitasi Kolonel Jenderal Heinz Guderian, ahli perang tank yang tadinya dia singkirkan setelah kekalahan Jerman di depan Moskow akhir 1941. Guderian diangkatnya sebagai inspektur jenderal seluruh pasukan berlapis baja.

Dalam rancangan operasi, dari utara Tentara Kesembilan Jenderal Walther Model akan menuju Kursk, sedangkan dari selatan Tentara Lapis Baja Keempat pimpinan Jenderal Hermann Hoth. Dengan jepitan yang akan menghancurkan tentara Soviet, Jerman mengharapkan dapat mengambil alih lagi inisiatif peperangan. Tentara Model diperkuat dengan 1.200 tank, termasuk Panther dan Tiger sertaassault gun Ferdinand. Begitupula serangan dari selatan didukung 1.500 tank, terutama dari Korps Panser SS Ke-2, yang terdiri dari tiga divisi tank SS Totenkopf, SS Adolf Hitler, dan SS Das Reich.

Namun apa yang direncanakan Jerman itu tak lupus dari pemikiran Soviet, yang memperkirakan Jerman akan melakukan ofensif kavaleri besar-besaran, “…yang mungkin akan terdiri dari 13 hingga 15 divisi tank,” demikian ramalan Marsekal Georgi Zhukov. la cenderung untuk memperkuat pertahanan yang mampu menyerap serbuan Jerman, lalu melancarkan ofensif balasan pada front-front lain. Sedangkan Stalin lebih menyukai dilakukannya serangan pendadakan terlebih dulu. Tetapi karena pihak Soviet tidak siap untuk melancarkan ofensif terlebih dulu, maka saran Zhukov diterima. Segera garis pertahanan yang berlapis-lapis dibangun, termasuk membuat jebakan tank.

Ternyata rencana ofensif Jerman tertunda-tunda karena Hitler mau memastikan bahwa produksi tank barunya berjalan lancar. Namun penundaan ini berarti memberi kesempatan bagi Rusia membangun pertahanannya, sehingga baik Manstein, Kluge, maupun Model mulai cemas, ditambah lagi Guderian selaku Irjen Pasukan Lapis Baja menyatakan tank Panther masih mengalami masalah teknis dan dia tidak berhasrat untuk mengirimkannya kefront timur. Seraya menunggu datangnya perintah menyerang, Model memutuskan untuk meniru apa yang dilakukan Montgomery di El Alamein, yaitu infanteri rang didukung tembakan artileri akan membuka celah-celah yang dapat diterobos kavalerinya. Sedangkan Manstein yang dibantu Hoth dan Kempf punya taktik lain, Yakni memusatkan pasukan lapis bajanya pada celah sempit sehingga cepat merangsek dengan daya tembak tinggi.

Ofensif Jerman dilancarkan subuh 5 Juli dengan bombardemen artileri. Namun rencana ini diketahui Soviet yang memperoleh informasi dari Sekutu. Inggris berhasil menyadap rahasia Jerman melalui Ultra, alas pemecah kode rahasia yang dimilikinya. Karena itu Soviet pun mendahului dengan menghujani tembakan artileri. Dengan demikian unsur pendadakan Jerman pun hilang sudah. Serangan dari utara dirintis oleh tank dan pasukan panzergrenadiers, lalu disusul gerak besar besaran tank Tiger dan Ferdinand serta ratusan tank Panzer IV serta infanteri. Namun Soviet yang tabu bahwa akan ada ofensif Jerman, telah menyebar ranjau antitank. Akibatnya tank-tank Jerman banyak yang terjebak. Hari pertama serbuan ini, sekitar 100 tank Jerman lumpuh hanya disebabkan oleh ranjau.

Namun Jerman maju terus, bahkan ujung tombak yang berupa tank-tank Tiger jauh meninggalkan tank-tank medium di belakangnya, sehingga posisi mereka malah berbahaya karena ‘terdampar’ tanpa proteksi pasukan lainnya. Esok harinya Model menyerang lagi, tetapi masih saja terbentur garis pertahanan Rusia yang kokoh. Akibatnya pasukan Jerman hanya mampu maju sejauh 10 km dengan korban 25.000 pasukan serta 200 tank. Pihak Soviet yang dipimpinKonstantin Rokossovsky juga berupaya maju dengan tanknya, namun ironisnya mereka terhalang oleh ranjau mereka sandiri.

Di front selatan, posisi Manstein lebih lumayan meski tidak sesuai dengan harapan semula. Soviet mencium gelagat bahwa Jerman akan unggul karena Korps Panser SS Ke-2 secara masif bergerak ke kotaProkhorovka. Zhukov pun buru-buru mendatangkan bola bantuan, berupa pasukan kavaleri dari Tentara Kelima yang dipimpin KolonelJenderal Pavel Rotmistrov. Dengan ratusan tanknya dari tiga korps, dia harus menempuh perjalanan sejauh 200 mil melalui wilayah kering yang terbuka. Pasukan besar ini kala bergerak di siang hari harus dilindungi pesawat tempur. Mereka menggelinding siang-malam dalam cuaca teramat panas, dengan debu yang menyelimuti jalan mereka. Saking tebalnya debu sehingga matahari pun sulit terlihat.

Pertempuran hebat.

Kavaleri Jerman dari Korps Panser SS yang dipimpin jenderal Paul Hausser merasa segera akan berhasil menerobos pertahanan Soviet di Prokhorovka. Pertempuran tank berlangsung sengit. Nikita Kruschev yang di kemudian hari di front tersebut menyatakan, “…dua hari ke depan akan dahsyat, entah kami yang mampu bertahan ataukah Jerman yang merebut Kursk”. Sementara itu 850 tankRotmistrov yang sebagian besar tipe T-34 yang baru tiba setelah berjalan 200 mil, langsung terjun ke medan tempur menghadapi pasukan tank SS. Hausser mengerahkan seluruh kekuatan tanknya, termasuk sekitar 100 Tiger. Tetapi jumlahnya masih kalah banyak dibandingkan tank Rusia.

Tanggal 11 Juli kedua kekuatan lapis baja yang seimbang berhadap-hadapan. Setiap gerakan mereka selalu menebarkan debu tebal karena permukaan tanah subur Ukraina yang lagi kering. Matahari di timur di belakang tank Soviet membuat para juru tembak tank Jerman kesilauan, melihat barisan tank Jerman. Korps Tank ke-18 Sovietmaju menghadapi Divisi Totenkopf SS, sedangkan Korps ke-29mendekati Divisi Tank SS Adolf Hitler. Bunyi gemuruh mesin dan rantai tank sungguh menggetarkan.

Ketika jarak tembak semakin dekat, mulailah kedua pihak saling menembak dengan dahsyat. Ribuan tank bertempur dalam jarak dekat, saling tembak atau saling tabrak. Terkadang sulit mengenali mana kawan mana lawan. Tembakan jarak dekat acap mengenai tank kawan sendiri. Karena siapa duluan menembak, dia ada peluang untuk selamat. Banyak tank yang sampai kehabisan peluru. Pertempuran ini begitu ganas dan kejam. Para awak tank yang selamat langsung disapu dengan sanapan mesin. Asap hitam dan kobaran api dari tank-tank yang binasa tampak di mana-mana.

Pertempuran hebat dengan jarak antar tank cukup rapat, membuat sulit bagi kedua pihak untuk membantu tank mereka melalui kekuatan udara maupun tembakan artileri. Esoknya, lanjutan baku hantam menunjukkan pasukan tank Jerman agak terdesak mundur dan harus melepaskan tempat-tempat yang sebelumnya mereka kuasai. Kota Prokhorovka dan sekitarnya telah berubah menjadi kuburan ratusan tank, banyak di antaranya yang masih dijilati api.

Kerugian kedua pihak amat besar. Hausser kehilangan 350 hingga 400 tank, termasuk lebih dari dua pertiga tank Tigernya. Sedangkan sisanya dalam kondisi buruk, sulit untuk melakukan serangan lagi. Tank terpisah-pisah dari kesatuan masing-masing dan menjadi tidak terorganisasikan lagi. Hausser melapor kepada Manstein bahwa serangan lebih jauh sudah tak terjangkau oleh Korps Panser SS. Di pihak Soviet, sekitar 350 tanknya juga hancur, Sedangkan jumlah tank yang masih mampu bertempur, lebih banyak daripada yang dimiliki Jerman. Tetapi pasukan tank Rotmistrov pun juga porak poranda formasinya. Sehingga tugasnya untuk melakukan penetrasi lebih jauh terhadap posisi Jerman pun tidak tercapai.

Pertempuran tank yang melibatkan sekitar 1.200 tank itu secara taktis tak ada yang menang dan tak ada yang kalah. Keduanya babak belur. Sedangkan dari segi strategis, Operasi Zitadelle Jerman telah gagal. Hitler pun mengakui dengan memerintahkan penghentian operasi pada 13 Juli. Sebagaimana ditegaskan oleh Hitler dalam perintah operasinya bahwa kemenangan di Kursk akan memberi sinyal pada dunia, sinyal itu pun memang telah diberikan.

Hanya saja yang memberikan bukanlah Jerman, melainkan Soviet. Inisiatif strategis peperangan di Ostfront, kini beralih dipegang oleh Soviet. Pelan tetapi dengan kecepatan yang kian bertambah, kontra-ofensif pihak Soviet segera terasa. Dalam tempo enam minggu Tentara Merah maju 160 km, sementara Jerman, baik di utara maupun selatan tonjolan Kursk semakin terdesak mundur. Kehebatan seorang Manstein pun akhirnya tak berdaya melawan tekanan Soviet, paling jauh hanyalah menunda-nunda kekalahan Jerman di Front Timur.

Mitos dan fakta tentang pertempuran Kursk :

Mitos no.1 : The battle at Prokhorovka di Kursk merupakan pertempuran tank terbesar sepanjang sejarah. Ini paling sering disebut-sebut dalam pembahasan Battle of Kursk padahal faktanya mungkin berbeda. Sering disebut-sebut pertempuran Kursk melibatkan ribuan tank, bahkan sampai 2 ribu tank. Meskipun Kursk memang pertempuran yang dahsyat tapi jumlah ranpur yang terlibat rupanya dibesar-besarkan. Jumlah tank yang sangat besar itu kemungkinan akibat asumsi bahwa the battle at Prokhorovka di Kursk melibatkan 3 SS Panzergrenadier Division Jerman, padahal faktanya cuma 1 Divisi - Liebsstandarte Adolf Hitler (LSSAH) – yang bertempur di Prokhorovka. 2 Divisi Panzer SS lainnya berada di sayap kiri dan kanan LSSAH (Totenkopf di kiri di seberang Sungai Psel dan Das Reich di kanan) dan kedua sibuk bertempur di sektor mereka masing-masing. Saat itu LSSAH juga sudah bertempur sekitar 1 minggu dan sudah banyak menderita battle-losses (kerugian). Tanggal 11 dan 12 Juli 1943 (puncak Battle of Kursk di Prokhorovka), ranpur yang masih dimiliki LSSAH cuma sekitar 100 tank, assault gun dan tank destroyers plus unit-unit recon.

Unit-unit Soviet yang bertempur di Prokhorovka: 18th dan 29th Tank Corps plus satu detasemen terpisah di bawah komando Jenderal Trufanov. Total ranpur yang dimiliki ke-3 formasi Soviet ini sekitar 421 tank, assault guns dan tank destroyers.

Jadi meskipun sering ditulis bahwa Battle of Prokhorovka melibatkan ’ribuan’ tank, fakta sejarahnya pertempuran itu ’cuma’ melibatkan sekitar 517 tank (di mana cuma 455 yang benar-benar kategori tank).

Jika menilik fakta sejarah tersebut, Battle of Prokhorovka di Kursk bukanlah "largest tank battle in history". Pertempuran antara Jerman dengan Prancis pada 14-15 Mei 1940 di Gembloux bahkan bisa dikatakan lebih besar skalanya. 2 Panzer Division berkekuatan penuh (masing-masing punya 300 tank) bertempur dengan 2 Light Mechanized Division Prancis (masing-masing bersenjatakan 260 tank).

Mitos no.2 : Pasukan Jerman banyak menurunkan tank-tank Panther, Tiger, dan Elefant.

Meskipun Jerman memang sengaja menunda Operasi Citadel supaya ranpur baru seperti Panther dan Elefant sudah tersedia dan dikirim ke garis depan, kenyataannya ranpur-ranpur baru ini masih langka di lapangan. Total 119 Panther memperkuat Gross Deutschland Division dalam pertempuran tanggal 5 Juli, tapi sekitar 65% di antara Panther tersebut hancur atau mengalami kerusakan mekanis. Dalam minggu berikutnya tank-tank Panther yang rusak ini belum bisa diperbaiki dan tidak ikut dalam pertempuran.

Cuma GD Division yang sudah dilengkapi tank Panther. 3 Divisi SS Panzer di Kursk belum dilengkapi Panther. Sekitar 90 Elefant memang sudah dikirim ke Kursk, tapi semuanya dipakai oleh 9th Army untuk mendobrak pertahanan Soviet di bagian utara ‘gelembung’ Kursk, terutama pertempuran di kota Ponyri. Konon sebagian besar Elefant ini juga hancur/rusak dalam beberapa hari pertempuran sengit di sektor tersebut.

Tank Tiger juga masih sangat langka. 89 Tiger ikut menggelinding mendobrak sektor utara ‘gelembung’ Kursk. Sekitar separonya merupakan bagian dari Heavy Battalions Divisi SS Panzergrenadier LSSAH, Totenkopf, Das Reich serta Divisi elite Heer GD. Masing-masing dari ke-4 Divisi tersebut saat itu cuma dilengkapi 12 sampai 15 Tiger, tapi setelah bertempur sekitar 3 hari cuma tersisa sekitar 4-6 Tiger per Divisi yang masih bisa beroperasi. Meskipun sering digambarkan lewat lukisan dan sketsa bahwa di Prokhorovka puluhan tank Tiger secara bergelombang menerjang pertahanan Soviet, faktanya cuma 4 Tiger yang bisa diturunkan Jerman di pertempuran tersebut.

PASUKAN UDARA LUFTWAFFE’S.

Terutama sekali perang, luftwaffe salah satu [dari] paling modern, bertenaga, dan kekuatan udara berpengalaman di dunia, mendominasi skie melalui eropa dengan pesawat udara jauh lebih lanjutan daripada pasangan asing mereka. luftwaffe kepada pusat jerman blitzkrieg (doktrin perang) petir, sebagai menutup dukungan udara menyediakan oleh sedang macam two-engine pengebom, stuka terjun pengebom dan kekuatan berlimpah petarung taktis kunci beberapa awal successe. akan tetapi, tidak seperti inggris dan kekuatan udara amerika, luftwaffe tidak pernah membangun four-engine pengebom di beberapa signifikan jumlah, dan jadi tidak dapat mengantar strategis jangka panjang efektif serangan bom kampanye melawan salah satu orang rusia atau musuh jerman pd i barat.

Messerschmitt bf 109 paling serbaguna dan widely-produced pesawat udara petarung mengoperasikan oleh luftwaffe dan didisain bila pesawat bersayap ganda masih standar. banyak versi pesawat udara ini membuat. mesin, mendinginkan mercedes-benz db 601 cair, awalnya membangkitkan terserah hampir 1,000 hp (750 kw. kekuatan ini meningkat sebagai langsung penyemperotan bahanbakar diperkenalkan kepada mesin. membunuh rasio hampir 9: 1 membuat cerah pesawat ini jauh unggul daripada yang manapun petarung jerman lain sepanjang perang. mengenai ini ini diikuti oleh focke-wulf fw 190 4: 1. pesawat ini mempunyai secara relatif sayap pendek dan bertenaga mesin dengan radial bmw mesin. junker ju 87 stuka aset utama untuk blitzkrieg, dapat ke bom-bom tempat dengan ketelitian kematian. pemimpin luftwaffe hermann göring, perang dunia pertama petarung nyaris dan komandan bekas manfred von richthofen' terkenal jg 1 (aka" sirkus terbang" ) siapa telah ikut serta nazi pesta dalam nya awal langkah-langkah.

Di musim panas dan musim gugur 1940, luftwaffe hilang pertempuran inggris melalui skie inggris, pertama all-air pertempuran. berikut kegagalan militer di depan timur, dari 1942 ke muka, luftwaffe memasuki kokoh, bertahap menolak itu melihat ini melebihi dan kewalahan dengan jumlah tipis bersekutu pesawat udara menyebar melawan ini. ke arah ujung perang, luftwaffe tidak lebih panjang faktor utama, dan meskipun fielding lanjutan pesawat udara suka messerschmitt saya 262, heinkel dia 162, arado ar 234, dan saya 163 ini pincang dengan kekurangan bahan bakar dan ketiadaan melatih penerbang. ada juga sangat kecil waktu mengembangkan pesawat udara baru, dan mereka dapat tidak diproduksi secara cukup cepat dengan jerman, sehingga jet- dan rocket-powered pesawat terbukti untuk;menjadi" terlalu kecil sudah terlambat" .

BAB III

SEKARAT DAN MATINYA REICH KETIGA.

“Dari hati yang paling mendasar, saya menyampaikan terimakasih kepada kalian semua, sejelas seperti seperti harapan saya bahwa kalian dalam keadaan apapun jangan menghentika perjuangan. Hendaknya kalian teruskan perlawanan terhadap musuh-musuh pertiwi, tak peduli dimana pun…… Dari pengorbanan para prajurit kita serta dari persatuan saya mati dengan kalian, akan memunculkan bibit-bibit yang dengan gemilang akan melahirkan kembali gerakan Sosialis Nasional (Nazi) dalam suatu masyarakat bangsa-bangsa yang sesungguhnya……….”

Itulah antara lain politik Adolf Hitler yang di buat pada 29 April 1945, bertepatan dengan hari pernikahan dengan Eva Braun di dalam bunkernya di berlin yang sedang digempur Tentara merah. Sehari menjelang kematiannya itu, Hitler membuat tetasmen politik dan surat wasiat terakhirnya. Tetasmen itu menuduh musuh-musuhnya sebagai penyebab perang. “Adalah tidak benar jika saya atau siapa pun di Jerman menginginkan perang dalam tahun 1939. perang itu di kehendaki dan diprovokasi oleh para pemimpin negara-negara lain keturunan Yahudi atau para pekerja kepentingan Yahudi……..”.

Dalam testament itu, Hitler juga berbohong dengan menyebutkan bahwa tiga hari sebelum penyerbuan ke Polandia, Ia menawarkan jalan keluar yang baik untuk memecahkan masalah Jerman dengan Polandia. “Tetapi hai itu di tolak karena klik yang berkuasa di Inggris memang menghendaki perang, sebagian alasan komersial, sebagian lainnya akibat pengaruh propaganda di lancarkan orang Yahudi internasional……”.

HITLER TIDAK KORUPSI.

Selain membuat testament politik, Adolf Hitler juga membuat wasiat yang ditekannya kepada sekertarisnnya. Dalam wasiatnya, ia menjelaskan mengapa ia menikah dan ia mengapa bersama istrinya akan bunuh diri bersama. Ia juga berpesan agar kekayaannya yang ada dapat di wariskan kepada sanak keluarganya untuk menunjang hidup mereka secara sederhana.

Dalam hal ini, harus di akui Hitler walau kekuasaannya tidak terbatas, namun ia tidak korup dalam harta untuk memperkaya diri Hitler menganggap hartanya adalah milik Partai dan Negaranya. Hal ini berbeda sekali dengan sejumlah pengikutnya yang suka memperkaya diri, seperti Goering.

Menjelang sore, masuk laporan ke bunker Hitler mengnai nasib tragis diktaktor fasis Italia, Musolini, bersama kekasih gelapnya Clara Pettaci. Mereka tertangkap dan di tembak mati oleh kaum partisan. Jenazah mereka di pertontonkan kepada public di kota Milan, dengan cara menggantungkan terbalik. Hitler tentu saja tidak mau jenazahnya di perhina seperti mainan dan di pertontonkan. “khususnya terhadap orang Yahudi”. Karena itulah ia menghendaki agar tubuhnya di musnahkan begitu telah mengakhiri hidupnya.

Hitler dengan tegas menolak permohonan agar dia di loloskan diri meninggalkan kota Berlin. Satu-satunya jalan adalah lewat udara. Pilot pribadinya, Hans Bauer menyatakan siap untuk menerbangkannya, bila perlu dengan pesawat pembom Junker terbaru yang mampu menempuh jarak jauh hingga ke Timur Tengah. Namun Fuerher menolak. Ia malah memerintahkan Seorang pilot perempuan bernama Hanna untuk menerbangkan Panglima Luftwaffe yang baru, Marsekal Robert Ritter von Grem yang kakinya terluka parah akibat tembakan dari darat dalam penerbangannya ke Berlin bersama Hanna. Kepada Greim, Hitler memerintahkan untuk menangkap Goering dan Himmler.

DETIK-DETIK JATUHNYA KEKANSELRIAN.

Hari senin 30 April, pasukan Rusia tinggal satu blok lagi dari gedung kekanseliran Jerman dan Bunker Hitler. Kondisi semakin gawat. Pertempuran memeperebutkan gedung kekanseliran Reichtag berlangsung sengit. Bebrapa kali invantery Soviyet berusaha menyerbu, tetapi tiap kali juga mereka terpukul mundur. Pasukan SS dengan kefanatikannya bertempur terus hingga baru tersapu habis menjelang tengah malam. Pertempuran ketika mereka akhirnya berhasil memasuki gedung symbol kekuasaan Nazi itu, merebutnya pun harus melalui pertempuran berdarah dari ruangsatu ke ruang lain, dari tingkat satu ke tingkat lainnya. Tank dan meriam di kerahkan untuk mendukung pertempuran tersebut. Beberapa hari sebelum berganti menjadi 1 mei, hari yang sangat penting bagi Uni Soviyet, bendera kemenangan berhasil di kibarkan di atas gedung Reichtag.

Siang 30 April, tatkala pertempuran hebat di Reichtag tengah erkobar hebat, Hitler bersantap siang hanya ditemani kedua sekertarisnya, Traudl Junge dan Gerda Cristhian, serta juru masak yang mungkin itu adalah santapan terakhir dari The Fuerher.

Sementara Erich Kempka, sopir pribadi Hitler mendapat perintah untuk mengumpulkan 200 liter bensin dalam derigen yang telah di siapakan di kebun bunker. Di bunker itu juga Dr Goebbles dan istrinya juga bersiap untuk kematian keenam anaknya. Untuk Magda Goebbles telah menyiapkan coklat yang di campur finodin, yang membuat anak-anaknya tertidur lelap sehingga tidak terasa ketika di ttubuhnya terbakar dan ketika mulutnya di masukan sianida. Setelah ber santap siang , Hitler menuju bunker bersama Eva untuk melakukan perisapan bunuh diri. Ketika itu Eva terlihat tabah menghadapinya. Setelah Eva Braun berbalik mengikuti suaminya kembali masuk ke kamar pribadi mereka. Suasana menjadi senyap.

Tak lama kemudian, sekitar pukul 15.30 sebuah letusan pistol terdengar dari kamar Hitler. Ketika itu Traudl tengah membuatkan roti untuk keenam anak Goebbles. Setelah itu tak terdenar suara apapun lagi. Ajudan Hitler , Mayor otto Gunsche lalu mebuka pintu dan masuk kekamar Hitler. Para pejabat Nazi dan petinggi milter mengikuti masuk. Mereka mendapatkan tubuh Hitler tergeletak di sofa, menghadap kearah lantai dan mulut serta bagian belakang kepala Hitler penuh dengan darah.

Rupanya ia menembakkan pistol kearah mulutnya langsung setelah menlan sianida. Disebelahnya jenazah Eva Braun terbujur dalam sikap meringkuk dengan kaki dibawah badannya.setelah itu keluarga Goebbles membakar diri setelah sebelumnya menengak sianida.

Pada tanggal 1 Mei, tatkala lidah api masih menjilati mayat kanselir dan istrinya di taman bunker, radio Hamburg tiba-tiba menghentikan siaran musik yang menampilkan simfoni ke tujuh ciptaan Brucker dan menginstrupsikan dengan maklumat penting yang di dahului dengan genderang militer , disusul suara penyiar yang berbunyi “Fuerher kita, Adolf Hitler, yang telah bertempur sampai nafas terakhirnya melawan kaum Bolshevik, telah gugur di markas besar operasional di kekanseliran Reich. Tanggal 30 April Fuerher telah menunjuk Laksamana Besar Doenitz sebagai penggantinya….”

Tanggal 2 Mei, Jendral helmuth weidling yang di tugasi Hitler untuk mempertahakan kota Berlin hingga titik darah terakhir, tak berdaya lagi dan harus menyerah pada Tentara merah.

Tanggal 4 Mei, Marsekal Montegomery menerima penyerahan seluruh pasukan Jerman Nazi diwilayah utara dan barat Jerman, Belanda dan Denmark

Tanggal 5 Mei, grup Tentara G jerman pimpinan marsekal Kanselring di wilayah utara pegunungan Alpen juga menyusul, melakukan kapitulasi. Pada hari yang sama kanselring, Laksamana Hans von Friedeurg, pamglima baru AL Jerman tiba di markas besar panglima tertinggi pasukan sekutu jenderal Eisenhower di Reims.

Tanggal 6 Mei , pimpinan staf tertinggi Jerman jenderal Alfred Jodl juga dating ke reims untuk bergabung dengan kolega dari AL. Namun mereka sia sia, karena Eisenshower mencium maksud pimpinan militer Jerman itu hanya mengulur waktu.

Tanggal 7 Mei dinihari, Doenitz menerima laporan Dari Reims. Tak ada lagi apa pun yang bisa di lakukan oleh pihaknya. Karena itu melalui radio ia menginstruksikan dari markasnya yang baru di Flensburg dekat perbatasan Denmark, agar utusan Jerman di Reims menandatangani saja pernyataan Takluknya Jermn tanpa syarat.

Subuh hari itu juga, pukul 02.41 Friedeburg dan jodl menandatangani takluknya Jerman, sedang pihak sekutu di wakili Jenderal Walter Bedde Smith, dengan saksi jenderal ivan suloparov dan Jenderal Francois Sevez dari Perancis. Penyerahan ini esok harinya di ulangi oleh pihat Soviyet dan berlaku mulai 9 Mei 1945. dengan demikina berakhirlah perang dunia kedua di eropa (di pasifik masih berlangsung) dan Reich ketiga yang telah sekarat itu pun mati!.

Hitler dengan Nazi telah membuat hancur Jerman. Selama perang berlangsung, sekitar 2.850.000 orang tentara tewas ditambah 500.000 penduduk sipil juga tewas. Dari 19juta tempat tinggal/rumah penduduk, tak kurang 2.750.000 musnah total dan 1.250.000 lainnya rusak berat. Kotakota di negeri itu pun mengalami kehancuran, misalnya Hamburg kehilangan 53 persen bangunan, Koln(Cologne) 70 persen, Dortmund 66 persen, Munich(Munchen) 33 persen, Dresden 60 persen dan Berlin 37 persen.

Sekitar 16 juta orang Jerman menjadi pengungsi dari wilayah Timur dan 4,5 juta orang lainnya terlantar di Jerman. Yaitu para eks-tawanan perang berbagai bangsa dan buruh paksa asing. Saran dan prasarana hancur, dan mereka yang selamat dari peperangan harus bejuang mati-matian untuk mempertahankan hidup. Bisa di bilang saat itu Jerman dikatakan nyaris akan sampai bunuh diri secara nasional.

Artileri yang dipasang di atas sasis Panzer I, digunakan dalam penyerbuan Jerman ke Yunani

Salah satu Panzer I yang digunakan dalam invasi Jerman ke Polandia

Panzer II diikuti dengan Panzer I di belakangnya, bergerak dalam lajunya invasi Jerman ke negara-negara bawah, bulan Mei tahun 1940

Konvoy Panzer I dan infanteri Jerman dalam invasi ke Polandia, bulan September 1939

Tak diragukan lagi kalau jagoan Tiger paling terkenal adalah orang yang nongkrong di tengah ini, Hauptsturmführer Michael Wittmann, yang bersama gunner terbaik sejagat, Bobby Wöll (satu-satunya penembak meriam yang mampu menembak tepat musuhnya dalam kondisi tank sedang berjalan!), telah berhasil menghancurkan 138 tank musuh plus 132 anti-tank! Edduaaaann!!!

Iring-iringan Tiger di hutan bersalju Rusia, akhir tahun 1943

Tiger produksi awal bersiap-siap menunggu perintah untuk bergerak, sementara para Panzergrenadier maju terlebih dahulu. Kentara sekali gurat kelelahan tampak di wajah tentara di latar depan ini!

Foto berwarna Tiger produksi awal

Komandan Tiger sedang mendiskusikan rencana serangan bersama Panzergrenadier dari Divisi Panzer SS 'Totenkopf', dalam pertempuran antar-tank terakbar di dunia, Pertempuran Kursk

Tiger 332 secara hati-hati sedang berusaha untuk keluar dari jebakan lumpur

Tiger 312 sedang bergerak maju ke front

Tiger dan para awaknya. Sang komandan duduk di bagian paling depan

Menteri produksi perang Albert Speer sedang menguji coba prototipe panzer Tiger dengan mengarahkannya ke lumpur

Komandan dari Divisi Panzer SS Leibstandarte Adolf Hitler, sedang membriefing anak buahnya. Perhatikan seragam meraka yang tidak seragam! Ada yang pake jaket kulit, kamuflase, jas hujan, seragam biasa. Belum lagi topinya!

Reichsführer Heinrich Himmler sedang meninjau tank Tiger yang diperuntukkan untuk Waffen-SS

Tidak ada komentar: